13 Pesepakbola Ini Memiliki Gocekan Indah, Lionel Messi Bukan yang Teratas

Jakarta – Sepak bola merupakan olahraga yang paling banyak digemari di dunia. Hal tersebut tak lepas dari permainan indah yang kerap diperlihatkan para pemain saat berada di lapangan.

Saat ini, sepak bola tak lagi melulu tentang hasil. Banyak pemain yang mulai menerapkan permainan indah dari kaki ke kaki hingga menghasilkan gol cantik.

Tak jarang sejumlah pemain top dunia yang memperlihatkan aksinya dalam mengolah si kulit bundar. Para pemain tersebut biasanya unjuk kebolehan dalam melewati lawan satu per satu.

Cara dan kepiawaian pemain dalam mengolah si kulit bundar seolah seperti seorang seniman yang sedang berkarya di lapangan.

Bahkan, terkadang gerakan pemain dalam melewati lawan tersebut menjadi role model seseorang yang ingin menjadi pesepak bola hebat.

Banyak pemain top dunia yang kerap memperlihatkan seni mengolah si kulit bundar saat tanding di lapangan.

Pertanyaannya, siapakah yang terbaik? Berikut ini Bola.com merangkum, peringkat 10 pemain sepak bola dengan seni olah bola terbaik.

Ranking 13 Pemain dengan Seni Menggocek Bola Terindah

Penyerang PSG, Neymar menggiring bola saat bertanding melawan AS Monaco pada pertandingan lanjutan Liga Prancis di Stadion Louis II, Monaco (15/1/2020). PSG menang telak atas Monaco 4-1. (AP Photo/Daniel Cole)
Penyerang PSG, Neymar menggiring bola saat bertanding melawan AS Monaco pada pertandingan lanjutan Liga Prancis di Stadion Louis II, Monaco (15/1/2020). PSG menang telak atas Monaco 4-1. (AP Photo/Daniel Cole)

13. Cristiano Ronaldo

Saat ini, Cristano Ronaldo telah mengubah gaya permainan dengan mengutamakan gerakan tanpa bola. Hal tersebut menjadikan pemain berusia 35 tahun itu berfokus mencetak banyak gol.

12. Neymar

Keterampilan Neymar dalam mengolah si kulit bundar tak perlu diragukan lagi. Tak jarang Neymar melakukan trik yang membuat para pemain lawan kesal.

11. Paul Scholes

Paul Scholes merupakan satu di antara pemain yang tidak memerlukan trik berlebihan saat melewati lawan, karena Scholes telah dianugerahi kontrol bola yang luar biasa.

10. Xavi Hernandez

Xavi Hernandez dianggap sebagai pengatur lini tengah yang hebat di era sepak bola modern. Pemain asal Spanyol itu memperlihatkan gaya permainan yang sederhana, tapi enak untuk ditonton.

9. Andrea Pirlo

Andrea Pirlo kerap dianggap sebagai pemain sederhana dengan kualitas kelas satu. Di atas lapangan, Andrea Pirlo diibaratkan sebagai metronom di lini tengah, terutama saat memperkuat AC Milan dan Juventus.

8. Andreas Iniesta

Seperti halnya Xavi Hernandez, Andreas Iniesta juga mempunyai gaya permainan yang mirip. Tak jarang aksi Iniesta bisa menarik tiga hingga empat pemain untuk keluar dari posisinya dan langsung memberikan umpan.

7. Thierry Henry

Thierry Henry merupakan satu di antara pemain terbaik yang ada di Premier League. Pemain asal Prancis itu sering mencuri perhatian karena keterampilannya dalam menggocek bola.

Pemain Argentina, Diego Maradona, mengecoh kiper Inggris Peter Shilton sebelum mencetak gol kedua pada perempat final Piala Dunia 1986. (AFP)
Pemain Argentina, Diego Maradona, mengecoh kiper Inggris Peter Shilton sebelum mencetak gol kedua pada perempat final Piala Dunia 1986. (AFP)

6. George Best

George Best diketahui bisa bermain di empat posisi berbeda. Selain itu, legenda Manchester United itu juga kreatif dan memiliki kecepatan.

5. Lionel Messi

Lionel Messi sangat dikenal karena kreativitas serta kelincahannya dalam mengolah si kulit bundar. Tak jarang pemain berjuluk La Pulga itu disandingkan dengan pendahulunya di Timnas Argentina, yakni Diego Maradona.

4. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane dianggap maestro sepak bola. Bola selalu melekat dan seakan menuruti ke mana pemain asal Prancis itu berlari di lapangan. Dari kaki Zidane, sepak bola menjadi permainan indah yang menyenangkan mata.

3. Johan Cruyff

Johan Cruyff menyebut gaya permainannya mencerminkan anak asuhnya saat menjadi pelatih Ajax Amsterdam. Hal tersebut membuat Cruyff mendapat julukan ‘Sang Raja’ dan juga ‘Arsitek’ sepak bola.

2. Ronaldinho

Melihat aksi Ronaldinho bermain, seolah menunggu apalagi yang akan dilakukan dengan dribbling mengagumkan saat bola di kakinya. Menurut Ronaldinho sepak bola adalah kegembiraan, yang harus dimainkan dengan bebas dan dinikmati.

1. Diego Maradona

Diego Maradona bisa dikatakan pemain paling hebat sepanjang masa. Hal tersebut tak lepas dari kepiawaiannya dalam melewati lawan.

Bukti sahihnya tersaji di Piala Dunia 1986. Kala itu, gocekan Diego Maradona mampu melewati lina pemain Inggris, lalu diumpan sampai bola melambung ke atas. Maradona menyambut dengan tangannya. Saat itulah bola masuk ke gawang Inggris.

Sumber: Give Me Sports

Disadur dari Bola.com (Faozan Tri Nugroho/Aning Jati, published 25/4/2020)

Sumber