4 Tips Agar Kulit Tak Kering karena Sering Cuci Tangan Saat Pandemi Corona

Liputan6.com, Jakarta- Pandemi Virus Corona COVID-19 membuat banyak orang menjadi teliti memperhatikan kebersihan sekitar. Kulit di tangan pun juga harus dipastikan tahan terhadap banyak hal setiap hari. 

Kasus pada kulit seperti gatal-gatal, kering, dan iritasi adalah gejala umum bagi banyak orang yang mungkin menjadi lebih buruk ketika terlalu seringnya menggunakan pembersih atau mencuci tangan, seperti dikutip dari brightside.me, Selasa (14/4/2020). 

Namun, sejumlah tips  dan solusi alami yang dapat dicoba untuk menjaga tangan tetap lembut dan indah, dari aktivitas apapun.

Berikut adalah 4 tips sederhana untuk perawatan kulit pada tangan selama pandemi Virus Corona COVID-19:

1. Lembabkan Sehabis Mencuci Tangan

Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)
Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)

Setelah mencuci tangan, Anda dapat mengoleskan krim pelembab ke tangan Anda yang sedikit basah.

Saat melakukan hal itu, cobalah untuk tidak terburu-buru menyentuh apa pun sampai tangan Anda benar-benar kering dan krim itu meresap dan terserap oleh kulit.

Karena menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention), tangan basah dapat memindahkan kuman dengan lebih mudah. 

2. Perawatan Kulit Saat Malam

Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)
Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)

Malam hari merupakan salah satu waktu yang baik untuk untuk melembabkan tangan Anda yang kering dengan membiarkan produk pelembab tetap berada di kulit lebih lama.

Menurut Medical News Today, cara itu dapat membuat produk pelembab yang Anda gunakan pada tangan selama semalaman memungkinkan hasil penyembuhan yang lebih tahan lama.

Saat mencobanya, pilihlah krim tangan dengan kandungan yang bergizi atau melembabkan lalu oleskan ke seluruh bagian tangan Anda.

Anda juga dapat menggantikan produk pelembab dengan bahan – bahan alami yang diantaranya seperti minyak kelapa, minyak jojoba, atau gel lidah buaya. Kemudian kenakan sarung tangan katun sebelum beristirahat.

3. Pelembab Melalui Cairan

Ilustrasi kecantikan tangan. (Foto: shutterstock.com/Parilov)
Ilustrasi kecantikan tangan. (Foto: shutterstock.com/Parilov)

Dengan membasahkan atau merendamkan tangan Anda juga merupakan cara yang bisa dicoba untuk kelembaban kulit pada tangan. 

Dengan merendamkan tangan, merupakan salah satu perawatan intensif lain yang dapat membantu mengurangi kekeringan dan membuat kulit Anda lebih terhidrasi. Pilih bahan pelembab yang alami, lalu tepuk tangan Anda hingga hampir kering setelah bersih – bersih. 

Caranya, gunakan secangkir oat bubuk dan 3 sendok makan minyak zaitun. Masukkan semua bahan ke wadah yang berisi air hangat lalu campurkan semua bahan itu. Saat bahan telah merata, rendam tangan Anda selama 10 menit. 

Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun memiliki efek pelembab dan melindungi kulit Anda dari infeksi, sedangkan fungsi dari oat dapat melembutkan kulit dan membuatnya tetap terhidrasi.

4. Perhatikan Bahan yang Digunakan Saat Cuci Tangan

ilustrasi cuci tangan/credit: @pixabay/ivabalk
ilustrasi cuci tangan/credit: @pixabay/ivabalk

Pelindung kulit Anda dapat merusak saat tangan sering dicuci, dan dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi, menurut Healthline.

Produk dengan tingkat pH yang salah dan teknik mencuci yang tidak tepat juga dapat membuat kulit kita rusak yang bisa membuat kulit tampak serpihan.

Untuk mencegahnya, hindari mencuci tangan dengan air panas karena itu dapat mengeringkan kulit Anda. 

Pilihlah sabun cair pelembab dan hindari sabun berbentuk batangan karena tingkat pH dalam kandungan sabun itu tinggi, dan dapat menyebabkan iritasi kulit.

Hindari menekan tangan terlalu banyak saat dikeringkan, cukup dengan menepuknya hingga kering.

Saksikan Video Berikut Ini:

Sumber