5 Potensi Wisata Alam Indonesia dan Pilihan Destinasinya

1 views

Liputan6.com, Jakarta Potensi wisata alam Indonesia punya banyak pilihan. Indonesia merupakan negara dengan beragam bentang alam yang eksotis. Mulai dari gunung, danau, pantai, dan bawah laut, potensi wisata alam Indonesia tak pernah mengecewakan hati.

Kekayaan alam yang ada di Indonesia membuat potensi wisata alam Indonesia tak akan ada habisnya untuk dieksplorasi. Potensi wisata alam Indonesia juga sudah terkenal hingga mancanegara. Terbukti, tiap tahunnya ribuan turis asing datang untuk menikmati potensi wisata alam Indonesia. 

Jika kamu memiliki hobi mengeksplorasi alam, mengunjungi potensi wisata alam Indonesia wajib dilakukan. Potensi wisata alam Indonesia ini sangat cocok dinikmati keindahannya. Berikut potensi wisata alam Indonesia dan destinasi menariknya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(12/5/2020).

Wisata pantai

ilustrasi pantai (sumber: Nenad Radojčić/Unsplash)
ilustrasi pantai (sumber: Nenad Radojčić/Unsplash)

Wilayah yang luas dan terdiri dari 7.504 pulau membuat Indonesia memiliki jajaran pantai cantik dan eksotis. Pantai-pantai ini menjadi potensi wisata alam Indonesia yang banyak menarik wisatawan. Berikut pantai-pantai terindah yang ada di Indonesia:

Pantai Pink, Komodo

Pink Beach merupakan pantai yang berada di cekungan bagian selatan Pulau Komodo. Warna pink di pantai ini berasal dari batuan koral yang hancur di lautan. Namun versi lain mengatakan, pasir merah jambu tersebut berasal dari hewan mikroskopik bernama firaminifera.

Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Pantai Tanjung Tinggi dikenal dengan bebatuan granit raksasa di sepanjang pesisirnya. Pantai Tanjung tinggi diapit oleh dua semenanjung, yaitu tanjung Kelayang dan tanjung Pendam. Keistimewaan dari pantai berpasir putih ini adalah ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai.

Pantai Nihiwatu, Sumba

Pantai Nihiwatu merupakan salah satu potensi wisata alam Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara. Pantai ini bahkan masuk dalam 17 besar World’s 100 Best Beaches In The World oleh CNN pada 2016 lalu. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih, air super jernih, dan panorama matahari terbenam yang cantik.

Wisata bawah laut

Wisata bawah laut bunaken
Wisata bawah laut bunaken

Tak cuma pantai, potensi wisata bahari di Indonesia juga bisa ditemukan di bawah laut. Wilayah perairan Indonesia terkenal akan keindahan bawah lautnya. Keanekaragaman biota laut menjadi sebuah potensi wisata tersendiri bagi Indonesia. Berikut destinasi untuk menikmati keindahan bawah laut Indonesia:

Raja Ampat, Papua

Raja Ampat merupakan rumah bagi 540 jenis karang, lebih dari 1.000 jenis ikan karang dan 700 jenis moluska. Menurut laporan yang dikembangkan oleh The Nature Conservancy dan Conservation International, sekitar 75% spesies dunia hidup di Raja Ampat.

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Taman Nasional Wakatobii berada pada wilayah “Coral Tri-Angle” atau wilayah segitiga terumbu karang, yaitu wilayah yang memiliki keanekaragaman terumbu karang dan keanekaragaman hayati laut lainnya tertinggi di dunia. Wakatobi memiliki 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia.

Bunaken, Sulawesi Utara

Taman Nasional Bunaken termasuk dalam International Heritage yang menjadi favorit para penyelam. Bunaken terkenal dengan underwater great walls atau biasa disebut hanging walls yang merupakan dinding-dinding karang besar berbentuk vertikal dan melengkung ke atas.

Wisata pegunungan

Destinasi wisata Dieng. (Foto: Fajar Ardianto AS/ Pixabay )
Destinasi wisata Dieng. (Foto: Fajar Ardianto AS/ Pixabay )

Indonesia berada di kawasan cincin api, membuatnya dikelilingi oleh gunung berapi baik aktif maupun tidur. Kawasan pegunungan di Indonesia menjadi destinasi menarik yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Berikut wisata pegunungan yang terkenal di Indonesia:

Rinjani, Lombok

Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat merupakan gunung favorit bagi pendaki karena keindahan pemandangannya. Salah satu daya tarik terbesar Rinjani adalah Danau Segara Anak dengan warna biru lautnya.

Pegunungan Dieng, Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng di Kabupaten Wonosobo merupakan kawasan pegunungan eksotis di Jawa Tengah. Dieng adalah dataran tinggi yang curam dan terjal, tetapi ditanami oleh berbagai macam tanaman dan sayuran.

Wisata danau

Gambar pada 3 April 2019 menunjukkan sebuah kapal wisata tiba di Pulau Samosir, pulau vulkanik di tengah Danau Toba, provinsi Sumatera Utara,  3 April 2019. Di kalangan masyarakat Batak sendiri, Danau Toba ibaratnya inang atau ibu yang akan selalu menanti dengan keindahannya. (GOH CHAI HIN / AFP)
Gambar pada 3 April 2019 menunjukkan sebuah kapal wisata tiba di Pulau Samosir, pulau vulkanik di tengah Danau Toba, provinsi Sumatera Utara, 3 April 2019. Di kalangan masyarakat Batak sendiri, Danau Toba ibaratnya inang atau ibu yang akan selalu menanti dengan keindahannya. (GOH CHAI HIN / AFP)

Tak cuma pegunungan dan laut, Indonesia juga punya bentang alam indah berupa danau. Danau-danau ini terbentuk dengan berbagai cara, mulai dari letusan gunung berapi atau fenomena alam ribuan tahun lalu. Berikut danau-danau indah di Indonesia:

Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba merupakan danau kawah kebanggaan Sumatera Utara sekaligus kebanggaan Indonesia. Danau Toba ditempatkan sebagai danau terluas di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba juga termasuk danau terdalam di dunia yaitu sekira 450 meter.

Danau sentani, Papua

anau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau terluas di Papua ini memiliki 21 buah pulau kecil yang ditinggali oleh SUku Sentani. Di danau ini juga terdapat 30 spesies ikan air tawar dan empat di antaranya merupakan endemik Danau Sentani.

Wisata konservasi

Hutan Hujan Tropis (Sumber: Pixabay)
Hutan Hujan Tropis (Sumber: Pixabay)

Keanekaragaman bentang alam yang tersebar, membuat Indonesia memiliki banyak lokasi cagar alam atau konservasi. Cagar alam ini bertujuan melindungi flora dan fauna agar terhindar dari kepunahan. Berikut wisata konservasi di Indonesia yang bisa dikunjungi:

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo memiliki tiga pulau utama, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar. Dua dari tiga pulau ini dijadikan Warisan Alam UNESCO karena menjadi habitat asli komodo.

Hutan Hujan Tropis Sumatera

Hutan Hujan Tropis Sumatera merupakan lokasi pelestarian untuk beberapa spesies yang hampir punah seperti harimau sumatera, orangutan sumatera, gajah sumatera dan badak sumatera bercula dua. Hutan Hujan Tropis terbagi menjadi beberapa area, yaitu Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Sumber