5 Tips Untuk Menangani Rambut Kering dan Kusam

30 views

Rambut kering dan kusam merupakan salah satu masalah paling umum yang dialami oleh banyak wanita. Permasalah rambut kering juga lebih sering disebabkan oleh kebiasaan kita sendiri, seperti terlalu banyak keramas. Sampo bagus untuk menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut dan kulit kepala, tapi sampo juga memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar sebum dari rambut. Sebum sendiri dapat membuat rambut terlihat berkilau dan mudah diatur apabila kadarnya tidak berlebih. Jika kadar sebum pada rambut terlalu berlebih, inilah yang akan membuat rambut terlihat lepek dan berminyak.

Image result for dry hair

Selain kebiasaan sering keramas dapat membuat rambut kering dan kusam, ada faktor eksternal lain yang dapat menjadi penyebab rambut menjadi kusam. Panas sinar matahari, produk styling rambut yang memiliki sifat panas, dan tingkat kelembaban udara. Namun, tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips dan cara untuk menangani permasalahan rambut kering dan kusam.

1. Sampo

Memilih produk pembersih rambut seperti sampo merupakan cara paling mudah untuk menangani permasalah rambut kering. Dengan produk yang tepat dan jadwal keramas yang benar, sampo dapat menyelesaikan permasalahan rambut kering dengan mudah. Berikut adalah tips memilih sampo yang tepat untuk permasalahan rambut kering dan kusam:

Pilih sampo yang memiliki sifat melembabkan

Related image

Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali varian sampo dan manfaatnya, untuk menangani permasalah rambut kering dengan sampo, pilih sampo yang memiliki zat moisturizer. Ada lima bahan utama yang sering digunakan untuk melembabkan rambut pada shampoo, seperti glycerin, aloe vera, avocado, jojoba, dan zaitun. Sampo yang memiliki bahan – bahan tersebut dapat dengan mudah melembabkan dan menambahkan kilau rambut.

2. Nutrisi

Image result for omega 3 fish

Memiliki nutrisi yang seimbang penting tidak hanya bagus untuk manjaga kita untuk tetap sehat, tapi juga dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan tidak kering. Omega-3 dapat menjadi solusi untuk permasalahan kulit dan rambut, omega-3 dapat dengan mudah kita dapat dari hewan laut, seperti ikan salmon, ikan kembung, ikan tuna, dan ikan sarden. Ikan – ikan tersebut kaya akan peptides dan omega-3, yang dapat membuat rambut terlihat lebih berkilau.

3. Cara mengeringkan rambut yang benar

Image result for wrapping hair in towel

Mengeringkan rambut hanya dengan udara dapat membuat rambut menjadi kering dan susah diatur. Coba gunakan handuk untuk membungkus rambut setelah keramas, cara ini dapat mencegah rambut kehilangan tingkat kelembaban saat proses mengeringkan rambut. Membiarkan rambut basah terlalu lama juga dapat merusak rambut dan membuatnya menjadi kusam.

4. Essential oils

Image result for essential oils

Menggunakan essential oils dapat membantu menjaga kelembaban rambut lebih lama, dan apabila digunakan dengan rutin, produk – produk essential oil juga dapat menjauhkan kita dari permasalahan rambut dan kulit kepala lainnya. Essential oils yang dikenal dan dipercaya dapat memperbaiki permasalah rambut adalah argan oil dan coconut oil.

5. Gunakan penutup kepala

Related image

Sinar ultraviolet tidak hanya dapat merusak kulit, tapi sinar ultraviolet juga dapat merusak rambut. Gunakan penutup rambut seperti topi untuk mencegah paparan sinar ultraviolet langsung yang dapat merusak rambut. Untuk mendapatkan hasil maksimum, gunakan produk gel atau conditioner yang memiliki kandungan lidah buaya.

Jika permasalahan rambut kering dan kusam tidak ditangani dan dicegah, permasalahan ini akan menimbulkan masalah rambut dan kulit kepala lainnya, seperti kerontokan. Jika anda memiliki permasalahan kerontokan parah yang di ikuti oleh rambut kering, konsultasikan dengan dermatologist untuk mendapatkan penanganan yang tepat.