6 Manfaat Buah Srikaya Bagi Wanita, Jaga Kesehatan Rambut

1 views

Liputan6.com, Jakarta Buah srikaya memiliki daging dengan rasa yang cukup manis. Nikmat dikonsumsi secara langsung maupun dengan cara diolah terlebih dahulu. Kandungan dalam buah, daun, biji, dan batang tanaman buah srikaya ini juga diyakini sangat berdampak baik bagi kesehatan. Utamanya, manfaat buah srikaya bagi wanita.

Menjaga kesehatan rambut secara alami, menjaga kesehatan kulit wajah secara alami, hingga menjaga kesehatan kehamilan, dan melancarkan proses melahirkan merupakan manfaat buah srikaya bagi wanita yang harus diketahui. Tidak perlu khawatir karena buah ini sangat aman dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk ibu hamil dan menyusui.

Berbagai manfaat buah srikaya bagi wanita bisa dengan mudah didapatkan karena kandungan karbohidrat, protein, serat, vitamin C, vitamin B, mineral, dan antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya. Dan jenis antioksidan yang banyak terkandung dalam buah srikaya ini adalah polifenol.

Berikut penjelasan mengenai manfaat buah srikaya bagi wanita yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/5/2020).

Membasmi Kutu Rambut dan Ketombe

Ketombe (Goncharov Artem/Shutterstock)
Ketombe (Goncharov Artem/Shutterstock)

Masalah rambut seperti adanya kutu rambut dan ketombe ini bisa diatasi dengan manfaat buah srikaya bagi wanita. Menurut sebuah penelitian, ekstrak biji buah srikaya yang diaplikasikan dengan minyak kelapa cukup ampuh untuk mengobati kutu rambut dan ketombe. Apalagi bagi wanita berhijab, cuaca panas dan berkeringat akan membuat kulit kepala menjadi lebih mudah berketombe.

Namun, untuk mengatasi permasalahan ini tetap perhatikan cara penggunaannya. Harus tetap hati-hati dan jangan sampai terkena mata, karena bisa menyebabkan iritasi dan kerusakan seperti keratitis. Tetapi jika diaplikasikan dengan benar, suplemen dari buah srikaya sebenarnya ampuh mengatasi peradangan dan memelihara kesehatan mata.

Selain itu, tetap berhati-hati dalam mengonsumsi buah ini juga perlu sekali dilakukan. Hal ini untuk mengantisipasi racun berbahaya dari buah srikaya. Hampir seluruh bagian tanaman buah srikaya mengandung senyawa racun yang disebut annonain dan jumlah racun terbanyak ada pada bagian biji dan kulitnya. Sebelum mengonsumsi lebih baik untuk membuang kulit dan bijinya terlebih dahulu, untuk mencegah timbulnya penyakit Parkinson.

Mendorong Pertumbuhan Rambut

rambut rontok (sumber: iStockphoto)
rambut rontok (sumber: iStockphoto)

Bagi wanita yang sering mengeluhkan masalah rambut rontok, perhatikan manfaat buah srikaya bagi wanita yang satu ini, ya. Buah srikaya ternyata ampuh membantu mencegah terjadinya inflamasi kulit kepala dan rambut rontok. Termasuk dapat membantu mempermudah penyerapan nutrisi dan menyediakan nutrisi untuk rambut.

Bahkan tingginya kandungan zat besi pada buah srikaya dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala dan menstimulasi folikel untuk mendorong pertumbuhan rambut menjadi lebih baik.

Selain itu, minyak biji buah srikaya juga dapat membantu mengatasi rambut yang kasar dan sulit diatur. Hal ini disebabkan karena fungsi alami biji buah srikaya yang mampu menghidrasi dan melembapkan kulit kepala. Jadi, tidak heran jika minyak biji buah srikaya dapat membantu membuat rambut menjadi lebih bervolume, berkilau, dan sehat.

Vitamin C dan antioksidan dalam buah serikaya juga dapat membantu mengatur produksi sebum pada kulit kepala. Hal inilah yang akan membuat rambut bebas dari masalah ketombe dan kulit kepala yang kering.

Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Kulit Wajah Lembab (Foto: unsplash)
Kulit Wajah Lembab (Foto: unsplash)

Menjaga kesehatan kulit wajah secara alami bisa juga dengan mengandalkan manfaat buah srikaya bagi wanita ini. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin E dalam buah srikaya. Ternyata vitamin E dalam buah srikaya dapat membantu mempertahankan kelembaban kulit wajah secara alami.

Selain itu, buah srikaya juga kaya sekali akan kandungan vitamin C. Vitamin C ini sangat ampuh untuk mengikat kolagen dan membantu dalam proses penyembuhan luka. Sehingga secara tidak langsung, dapat meningkatkan elastisitas kulit wajah dan meminimalkan munculnya bekas luka seperti jerawat pada wajah.

Nah, dengan mengkonsumsi buah srikaya secara teratur maka kulit wajah bercahaya akan lebih mudah didapatkan. Hal ini disebabkan karena kandungan serat dalam buah srikaya. Serat ini akan membuat proses sistem pencernaan menjadi lebih baik, sehingga racun dalam tubuh menjadi lebih mudah disingkirkan. Bahkan, serat juga membantu mencegah lonjakan gula darah yang dapat merusak produksi kolagen pada kulit wajah.

Mencegah Penuaan Dini

ilustrasi penuaan dini/pexels
ilustrasi penuaan dini/pexels

Wanita yang selalu dihadapkan dengan paparan langsung sinar matahari, polusi, dan radikal bebas lain, wajib merasa khawatir dengan penuaan dini ini. Tetapi manfaat buah srikaya bagi wanita bisa mengatasinya dengan lebih baik. Buah srikaya akan membantu kulit menjadi lebih kenyal dan bercahaya. Termasuk meregenerasi kulit dan mencegah stres oksidatif.

Asam amino dan senyawa kimia lain dalam buah srikaya juga dapat membantu memproduksi kolagen. Kolagen ini yang nantinya berguna untuk memberikan elastisitas pada jaringan kulit wajah secara alami. Sedangkan antioksidan dalam buah srikaya, sangat ampuh melindungi serta mencegah kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menyehatkan Masa Kehamilan

Ibu hamil | Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ibu hamil | Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Gejala “morning sickness” yang kerap dialami oleh ibu hamil ini bisa diatasi dengan manfaat buah srikaya bagi wanita. Morning sickness merupakan kondisi mual, pusing, dan lemas yang dialami ibu hamil pada trimester pertama kehamilan. Dan kandungan vitamin B6 di dalam buah srikayalah yang mampu meredakan mual dan pusing pada ibu hamil pada masa awal kehamilan ini.

Pada masa kehamilan, ibu sudah pasti sangat membutuhkan nutrisi penting untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Jika daya tahan tubuh ibu baik, maka daya tahan tubuh janin dalam kandungan akan mengikutinya. Kandungan karbohidrat, kalori, dan lemak yang cukup tinggi dalam buah srikaya dapat memenuhinya.

Melancarkan Proses Melahirkan

Ilustrasi ibu baru melahirkan (iStockphoto)
Ilustrasi ibu baru melahirkan (iStockphoto)

Memersiapkan kelahiran tentu tidak bisa dilakukan dengan cuma-cuma. Buah srikaya, ternyata mampu membantu melancarkan proses melahirkan bagi ibu hamil. Meski belum terbukti secara medis, tetapi manfaat buah srikaya bagi wanita ini bisa dicoba. Pasalnya buah ini bisa membantu mengurangi rasa nyeri saat proses melahirkan. Caranya dengan mengkonsumsi buah srikaya secara rutin selama masa kehamilan.

 

Sumber