7 Manfaat Teh Daun Tin untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Imunitas

1 views

Liputan6.com, Jakarta Manfaat teh daun tin didapatkan dari kandungan nutrisinya yang melimpah. Bahkan, buah yang disebutkan di dalam Al-Qur’an ini terkenal memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga  ampuh untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. 

Tidak hanya itu, buah tin juga termasuk sumber vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, magnesium, seng, mangan, tembaga, dan zat besi yang baik. Karena itu, tidak heran kalau buah tin ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat teh daun tin bisa dijadikan obat untuk berbagai penyakit. Teh daun tin dapat mengobati batu ginjal, menurunkan kadar gula darah, meningkatkan imunitas tubuh, hingga bisa dijadikan sebagai obat antikanker. Kamu bisa mengonsumsi teh daun tin ini secara teratur sesuai kebutuhan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/4/2020) tentang manfaat teh daun tin

Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Mengobati Batu Ginjal

Meningkatkan Imunitas Tubuh ©Shutterstock
Meningkatkan Imunitas Tubuh ©Shutterstock

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat teh daun tin yang pertama adalah dapat meningkatkan imunitas tubuh. Daun tin bisa berfungsi sebagai imunomodulator. Hal ini dikarenakan daun tin dapat mengatur sistem kekebalan tubuh.

Hal ini telah diperkuat pada hasil riset yang mengatakan bahwa daun tin bisa merangsang produksi antibodi dan produksi sel limfosit sehingga mampu menghancurkan pathogen yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan begitu, manfaat teh daun tin bisa menangkal berbagai mikroba penyebab penyakit seperti virus, jamur, dan bakteri. Ini juga mengartikan bahwa sistem kekebalan tubuh mengalami peningkatan sehingga tubuh tidak mudah sakit.

Mengobati Batu Ginjal

Mengobati batu ginjal juga bisa menjadi salah satu manfaat teh daun tin yang tak kalah baik. Hal ini karena daun tin memiliki kandungan saponin dan alkaloid yang dimana kandungan ini bermanfaat sebagai diuretik yang bisa mengatasi masalah ginjal.

Kandungan saponin dan alkaloid sebagai salah faktor dalam manfaat teh daun tini ini dapat menggerus batu ginjal yang telah mengendap di saluran kemih dan ginjal. Batu ginjal yang telah mengeras inipun akhirnya bisa terbawa saat buang air kecil.

Mengobati Penyakit Diabetes dan Obat Antikanker

Mengobati Penyakit Diabetes (Sumber foto: Healthbusiness.com)
Mengobati Penyakit Diabetes (Sumber foto: Healthbusiness.com)

Mengobati Penyakit Diabetes

Manfaat teh daun tin juga mampu mengobati penyakit diabetes karena bisa menurunkan kadar gula darah. Hal ini telah dibuktikan dengan adanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti di Spanyol.

Dikatakan bahwa manfaat teh daun tin atau air rebusan daun tin mengandung senyawa aktid. Senyawa aktid ini memiliki kesamaan seperti hormon insulin. Seperti yang diketahui bahwa manfaat hormon insulin dapat menurunkan kadar gula darah berlebih.

Sebagai Obat Antikanker

Manfaat teh daun tin juga bisa bertindak sebagai antikanker. Kamu bisa mendapatkan manfaat teh daun tin ini hanya dengan menggunakan getah yang ada di dalam pucuk daun tin. Getah yang ada di dalam daun tin ini bisa menekan pertumbuhan sel kanker.

Hal ini dikarenakan getah pada daun tin mengandung ficin. Ficin sendiri adalah enzim cysteine proteinase yang bisa memicu apoptosis pada sel kanker sehingga sel kanker akan melakukan penghancuran sendiri.

Meredakan Nyeri, Menjaga Saluran Pencernaan, dan Memperbaiki Fungsi Hati

Fungsi Hati (Sumber: iStockphoto)
Fungsi Hati (Sumber: iStockphoto)

Meredakan Nyeri dan Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat the daun tin berikutnya berkaitan dengan kandungan flavonoid yaitu quercetin dan luteolin. Kandungan flavonoid tersebut memiliki sifat antiinflamasi sehingga bisa mengurangi rasa nyeri.

Selain itu, buah tin dan daunnya dipercaya baik untuk kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor dalam buah tin yang sangat baik untuk menutrisi tulang dan mencegah tulang keropos.

Menjaga Saluran Pencernaan

Buah tin juga bisa menjaga saluran pencernaan. Buah tin dan daunnya sering digunakan untuk mengatasi sembelit. Mengonsumsi buah tin secara rutin juga dipercaya dapat menurunkan risiko kanker kolon.

Daun tin juga memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme zat gizi makro yaitu protein dan lemak. Manfaat teh daun tin yang satu ini dikarenakan daun tin mengandung saponin, alkaloid, dan flavonoid.

Semua kandungan tersebut mendukung perbaikan metabolisme protein dan lemak di dalam tubuh. Ya, buah tin bisa memelihara sistem pencernaan secara keseluruhan sehingga sistem pencernaan dapat bekerja dengan lebih maksimal.

Memperbaiki Fungsi Hati

Manfaat teh daun tin berikutnya adalah dapat memperbaiki fungsi hati. Bahkan sejak lama, sebuah suku di India telah mengunyah daun tin untuk mengobati hepatitis. Hal ini ternyata juga sudah dibuktikan secara klinis.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan uji, mendapatkan hasil bahwa pemberian ekstrak daun tin selama 100 hari kepada semua hewan uji yang telah rusak hatinya ternyata menunjukkan penurunan terhadap kadar bilirubin, kadar SGPT dan kadar SGOT secara signifikan. Dengan kata lain, manfaat daun tin bisa mengembalikan fungsi hati kembali normal.

Itulah beberapa manfaat teh daun tin untuk kesehatan. Daun tin memang dapat mengobati berbagai penyakit, namun sebaiknya konsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

 

Sumber