8 Objek Wisata Bali Selatan yang Cukup Terkenal, Selain Pantai Kuta

1 views

Liputan6.com, Jakarta Pulau Dewata Bali memang terkenal sekali dengan objek wisatanya. Terutama objek wisata Bali Selatan, yang lokasinya sangat mudah dijangkau wisatawan.

Jangan salah, objek wisata Bali Selatan tidak hanya ada Pantai Kuta dan Garuda Wisnu Kencana. Tetapi ada banyak sekali tempat-tempat indah nan memesona yang wajib dijadikan destinasi wisata.

Kebetulan, Bali Selatan ini lokasi paling strategis jika dibandingkan dengan sudut pulau Bali yang lain. Dekat dengan Bandara International Ngurah Rai dan Jalan Tol Bali Mandara. Jadi, tidak heran jika banyak wisatawan lebih memilih singgah dan mengunjungi objek wisata Bali Selatan ini.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai objek wisata Bali Selatan selain Pantai Kuta dan Garuda Wisnu Kencana, Kamis (14/5/2020).

Bali Shell Museum “Rumah Kerang”

Bali Shell Museum
Bali Shell Museum

Selain pantai dan pura, objek wisata Bali Selatan yang wajib dikunjungi yakni Bali Shell Museum atau dikenal dengan sebutan Rumah Kerang. Museum ini merupakan satu-satunya museum yang ada di Indonesia, yang menyuguhkan berbagai jenis karang dengan usia ratusan tahun. Tiket masuk ke museum yang terkenal ramai ini hanya dibandrol dengan harga Rp. 50.000 per orang.

Museum ini memiliki luas lahan sekitar 1.500 meter persegi. Ada ribuan koleksi kerang di museum ini. Rumah kerang ini awalnya didirikan oleh seorang pecinta kerang yang sudah melakukan perjalanan ke berbagai negara. Stephen lah yang akhirnya menjadikan tempat ini sebagai penyimpanan kerang-kerang langka yang sudah ditemukannya. Banyak wisatawan yang datang dari Amerika, Eropa, Australia, Jepang, dan Malaysia untuk mengunjungi museum ini.

Pantai Blue Point

Pantai Suluban | via: bali.mehthesheep.com
Pantai Suluban | via: bali.mehthesheep.com

Objek wisata Bali Selatan selanjutnya yakni pantai Blue Point. Pantai ini  terletak di jalan Pantai Suluban, Kuta Selatan, Badung, Bali. Dikenal oleh penduduk lokal dengan nama pantai Suluban dengan karakteristik pantai dengan tebing yang terjal dan ombak yang cukup besar.

Pantai Suluban ini hanya berjarak 3 Km saja dari Pura Uluwatu. Bagi para pecinta surfing, wajib sekali mendatangi pantai ini. Bahkan, sudah banyak sekali bule yang mengandalkan pantai ini untuk olahraga surfing.

Pantai Dreamland

Pantai Dreamland (Sumber: id.wikipedia.org)
Pantai Dreamland (Sumber: id.wikipedia.org)

Pantai Dreamland dikenal sebagai salah satu objek wisata Bali Selatan yang memiliki pesona keindahan luar biasa. Pantai dengan hamparan pasir putih luas dengan ombak yang mengulung-gulung tinggi dan besar, menjadikannya sebagai daya tarik wisata Dreamland Pecatu.

Pantai ini juga sangat cocok digunakan untuk berselancar. Tidak heran jika banyak wisatawan dari berbagai negara rela membayar mahal hanya untuk merasakan sensasi berselancar di pantai ini. Wisatawan juga bisa bersantai di pinggir pantai dengan menyewa kursi panjang, yang dilengkapi dengan payung pantai sambil berjemur. Ada juga yang langsung berbaring di atas pasir beralaskan kain pantai, sambil membaca buku atau novel.

Water Sport di Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Benoa.
Pantai Tanjung Benoa.

Tanjung Benoa merupakan salah satu objek wisata Bali Selatan yang menawarkan fasilitas water sport. Wisatawan bisa mencoba jetski, parasailing, banana boat, scuba diving, snorkeling , glassbottom, dan kunjungan ke Turtle Island (pulau penyu) serta Flying Fish.

Agar bisa mencoba semua permainan ini dibutuhkan waktu sekitar 8 sampai 12 jam untuk menyelesaikannya. Jadi, kalau kamu mau mencoba semau permainan air ini, sangat disarankan untuk datang lebih pagi. Hal ini untuk mengantisipasi air yang akan surut di siang hari.

Pantai Legian

Atlet lompa jauh Indonesia, Maria Londa, saat berlatih di Pantai Legian, Bali, Rabu (27/1/2016). (bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Atlet lompa jauh Indonesia, Maria Londa, saat berlatih di Pantai Legian, Bali, Rabu (27/1/2016). (bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pantai legian terkenal sekali dengan cara pikatnya kepada para wisatawan. Pesonanya yang cantik akan membuat siapa saja yang datang betah berlama-lana di objek wisata Bali Selatan ini. Lokasinya cukup dekat dengan pantai Kuta tetapi cukup sepi dan menenangkan sekali.

Pantai ini memiliki pesona pasir putih yang cukup bersih, pemandangan sunset, dan ombak yang sangat cocok untuk berselancar. Selain itu, ombaknya yang cukup menantang, membuat pantai ini sangat diminati oleh para peselancar.

Pantai Padang

Ajang Rip Curl Cup 2017 bakal segera digelar pada 10 Juli hingga 10 Agustus 2017 di Pantai Padang Padang, Bali. (Rip Curl).
Ajang Rip Curl Cup 2017 bakal segera digelar pada 10 Juli hingga 10 Agustus 2017 di Pantai Padang Padang, Bali. (Rip Curl).

Pantai Padang ini dikenal sebagai objek wisata Bali Selatan yang selalu dikunjungi para peselancar dunia. Lokasi pantai ini searah dengan Uluwatu. Trekkingnya cukup sulit untuk dilalui, yakni harus menuruni anak tangga yang berada pada celah tebing menuju pesisir. Di bibir pantai Padang ini tersedia tempat untuk bersantai menikmati hangatnya sinar matahari dan pemandangan pantai yang cukup spektakuler.

Penangkaran Penyu Deluang Sari

Penangkaran Penyu (Sumber: dictio.id)
Penangkaran Penyu (Sumber: dictio.id)

Objek wisata Bali Selatan yang wajib dikunjungi selanjutnya yakni penangkaran penyu Deluang Sari yang terletak di Tanjung Benoa. Penangkaran ini memang sengaja dibuat untuk melindungi penyu dari kepunahan. Di tempat wisata ini pengunjung bisa langsung memegang penyu, memberi makan, berfoto, masuk ke area kolam penangkaran, dan bermain dengan penyu-penyu.

Pantai Karma Kandara

Pantai Karma Kandara ini dikenal sebagai objek wisata Bali Selatan yang menawarkan fasilitas privat yang berkelas. Tidak heran karena pantai ini memang dikelola oleh satu restort dan resto yang paling tekenal di wilayah Ungasan.

Tiket masuk ke pantai ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 250.000 per orang. Sesuai dengan biaya yang dikeluarkan, pengunjung bisa dengan bebas menikmati keindahan pantai Karma Beach Bali sepanjang hari. Bahkan biaya tiket masuk ini dapat digunakan untuk membeli makanan dan minuman yang dijual di Karma Beach Bali.

Sumber