Aksi Nyata Eks Wonderkid Real Madrid Perangi Corona Covid-19

1 views

Madrid – Sergio Canales, eks wonderkid Real Madrid, menginisiasi kampanye #CoronaVida dan memberikan pengaruh nyata dalam penanganan COVID-19 di Spanyol.

Kondisi darurat yang saat ini terjadi di Spanyol serta beberapa negara lainnya telah mendorong para pesepak bola, termasuk Real Madrid, untuk mempertanyakan bagaimana mereka bisa melakukan aksi serta mencoba mendukung usaha melawan pandemi virus corona COVID-19. Saat virus menghalangi olahraga di seluruh dunia, banyak pemain serta tim La Liga menggunakan status global mereka untuk membantu gerakan tersebut secara finansial.

Saat klub-klub masih melakukan latihan dari rumah mereka masing-masing, para pemain memiliki lebih banyak waktu dari biasanya dan banyak dari mereka menggunakan waktu luang dengan memberikan sesuatu bagi komunitas yang mendukung tim mereka setiap akhir pekan.

Salah satu contohnya berawal di Seville saat Real Betis, yang dimotori oleh gelandang mereka, eks pemain mudaa Real Madrid, Sergio Canales, meluncurkan inisiatif #CoronaVida (#CoronaLife, dalam bahasa Inggris). Berkolaborasi dengan organisasi Daughters of Charity di Seville dan Andalusia, klub telah mengumpulkan dana dan memberikan dukungan bagi mereka yang sangat membutuhkan.

Tujuannya adalah mengumpulkan dana untuk upaya melawan COVID-19 dan telah mendapat dukungan dari pemain bintang lainnya termasuk Dani Parejo dari Valencia CF dan Asier Illarramendi dari Real Sociedad.

Dengan jumlah 12.000 orang yang membutuhkan makanan setiap harinya serta 300 tunawisma di penjuru wilayah, tantangannya tidaklah mudah. Namun menggunakan profil dari para pemain bintang La Liga, saat ini kampanye tersebut telah menyebar di seluruh Spanyol dengan membawa kontribusi finansial serta dampak yang berarti.

 

 

Dari Seville Hingga ke Valencia

Pemain Valencia, Dani Parejo. (Dok. La Liga)
Pemain Valencia, Dani Parejo. (Dok. La Liga)

Banyak pemain LaLiga telah mulai mendukung kampanye #CoronaVida dengan slogan “Esta Liga La Ganamos Todos” (Liga Ini Akan Dimenangkan Oleh Semua). Sebuah video yang dipublikasikan di profil media sosial Canales dan rekan setimnya, seperti Joaquín, Marc Bartra, Andrés Guardado, William Carvalho dan lainnya, bersama-sama bergabung dalam upaya tersebut.

Bahkan staf kepelatihan dan medis klub juga ikut bergabung dalam kampanye menangkal dampak negatif yang ditimbulkan oleh krisis virus corona pada beberapa bagian masyarakat.

Menurut laman GoFundMe, kampanye tersebut telah mengumpulkan lebih dari 20.000 Euro untuk perjuangan pergerakan sosial di wilayah Andalusia. Bahkan dampaknya tidak hanya sampai disitu saja.

Pada bagian akhir video Canales, ia menunjuk kapten Valencia CF Dani Parejo untuk melakukan tantangan dan membawa kampanye #CoronaVida, yang dengan senang hati dilaksanakan oleh gelandang Spanyol tersebut.

Hasilnya, Valencia CF kemudian bergabung dalam kampanye bersama dengan klub serta yayasannya melakukan donasi finansial kepada Casa Caridad di Valencia, sebuah LSM yang beroperasi di kota tersebut dan membantu tunawisma serta masyarakat yang berisiko terasing secara sosial. Sebagai akibat dari krisis oleh virus orona, organisasi tersebut saat ini membantu 150 orang dan menyediakan 350 makanan per hari.

Real Sociedad mempromosikan donasi kepada Yayasan Hurkoa

Asier Illarramendi, bintang Real Sociedad. (Dok. La Liga)
Asier Illarramendi, bintang Real Sociedad. (Dok. La Liga)

Serupa dengan apa yang dilakukan oleh Canales kepada sang kapten Valencia CF, Parejo kemudian memberikan tongkat estafet kepada rekannya di Real Sociedad, Asier Illaramendi. Klub Basque tersebut kemudian bergabung dengan kampanye#CoronaVida dengan mempromosikan donasi kepada Yayasan Hurkoa.

Sumbangan ini ditujukan kepada lansia serta orang dengan masalah kesehatan mental yang membutuhkan dukungan. Mereka mendatangi lebih dari 500 orang setiap tahunnya dan akan mengusahakan segalanya selama masa penuh ketidakpastian ini dengan menyediakan suplai kepada lansia di rumah mereka.

Illaramendi membagikan videonya yang mengajak orang untuk mendukung organisasi ini dan video tersebut kemudian menampilkan Aritz Elustondo, Mikel Oyarzabal, David Zurutuza, Diego Llorente, Álex Remiro dan rekan setim lainnya.

Dengan kampanye yang terus berkembang, aksi sosial, donasi, serta kolaborasi semakin bertambah di penuru Spanyol, membawa orang dari latar berbeda untuk bergabung dalam satu gerakan serta menyoroti bahwa dengan nilai sportivitas dalam sepakbola, dimungkinkan untuk membantu masyarakat secara keseluruhan.

 

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Gregah Nurikhsani, published 21/4/2020)

Sumber