Apa Sih Penyebab Sakit Kepala di Bagian Belakang?Coba Simak 6 Hal Berikut

Ada beberapa penyebab rasa sakit di bagian belakang kepala, alasan yang sangat umum adalah postur badan yang tidak baik saat duduk atau beraktivitas. Ada beberapa jenis sakit kepala yang dapat menyebabkan rasa sakit di bagian belakang kepala, seperti:

1. Sakit kepala akibat tegang pada otot
Rasa sakit kepala yang disebabkan oleh tegangnya otot pada leher dan kulit kepala dianggap sebagai sakit kepala yang paling umum. Hal itu menyebabkan rasa sakit pada sisi dan belakang kepala. Sakit kepala yang disebabkan oleh tegang pada otot tidak dianggap sebagai rasa sakit yang butuh bantuan medis, walaupun rasanya bisa sangat menyiksa. Sakit kepala jenis ini juga dikategorikan menjadi dua, yaitu:

  • Stress: Ada banyak sebutan untuk sakit kepala yang diakibatkan oleh stress. Rasa sakit ini juga dapat kembali apabila anda sedang stress, lapar, marah, depresi, atau lelah.
  • Kronis: Rasa sakit ini dapat kambuh lebih dari 15 kali dalam sebulan. Rasa sakit yang berkepanjangan sering kali menyebabkan rasa mual kepada penderitanya.

2. Postur tubuh yang tidak baik
Kebiasaan sering membungkuk pada saat duduk dan berdiri dapat menyebabkan tegang pada otot di belakang kepala, punggung bagian atas, leher, dan rahang. Selain itu, syaraf juga akan tertekan di area-area tersebut, sehingga hal tersebut menyebabkan tegang yang mengakibatkan sakit kepala di bagian belakang.

3. Arthritis
Gejala yang dirasa ketika anda mengalami arthritis adalah rasa sakit yang semakin parah apabila anda bergerak. Ini dapat terjadi akibat arthritis pada ruas tulang belakang pertama, kedua, dan ketiga. Dan kemungkinan lain juga dapat disebabkan akibat perubahan struktur tulang leher atau inflamasi pembuluh darah di kepala.

4. Tekanan rendah
Jika anda kena tekanan rendah, anda akan mengalami rasa sakit yang intens di belakang kepala dan leher, dan rasa sakitnya semakin memburuk apabila anda duduk atau berdiri. Biasanya, rasa sakit yang diakibatkan oleh tekanan rendah akan reda ketika anda berbaring selama setengah jam. Namun, ada banyak kasus dimana justru rasa sakit hanya pergi sementara, dan sakitnya akan bertahap semakin lama semakin memburuk sepanjang hari.

5. Occipital neuralgia
Rasa sakit ini dapat dirasakan mulai dari tulang sumsum belakang hingga kulit kepala.Ketika terdapat radang pada bagian-bagian tersebut, maka rasa sakitnya akan berada di belakang kepala atau belakang telinga. Banyak yang menjelaskan bahwa rasa sakitnya seperti di tusuk, atau terkena kejut listrik. Rasa sakitnya dapat bertahan selama hitungan detik hingga beberapa menit.

6. Cervicogenic
Rasa sakit yang di sebabkan oleh cervicogenic akan sulit untuk ditebak bagi orang awam, karena rasa sakit yang disebabkan bersumber dari area lain pada tubuh. Dan rasa sakit jenis cervicogenic bukan alasan tunggal anda merasakan sakit pada kepala bagian belakang, yang dapat diartikan bahwa ada masalah medis lain pada tulang, piringan, atau jaringan pada leher, seperti tumor, patah tulang, infeksi, dan rheumatoid arthritis. Rasa sakit yang dialami dapat membatasi gerak leher anda, dan jika sudah sangat parah, rasa sakitnya akan terasa hanya dengan menyentuh leher anda.

 

Apabila anda menemukan  salah satu gejala yang anda alami pada halaman ini, akan lebih baik jika anda konsultasikan ke dokter sebelum anda mengkonsumsi obat. Dokter akan memberikan detail dari permasalahan rasa sakit yang anda alami, dan memberikan obat yang tepat sesuai dengan fisik dan rasa sakit yang anda alami

No related post!