3 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

44 views

Wajah kering mengelupas

Ada banyak permasalahan kulit yang sangat menggangu yang tentu saja dapat menurunkan kepercayaan diri. Kulit wajah kering dan mengelupas merupakan salah satu permasalahan yang di anggap umum, namun memiliki dampak serius yang sangat mengganggu, bahkan kadang menyakitkan.

Gejala yang di sebabkan oleh kulit kering

Rasa gatal pada kulit wajah merupakan salah satu gejala kulit wajah yang kering, tapi tahukah kamu jika kulit wajah yang kering juga dapat mengelupas, dan memiliki gejala lain yang kamu wajib ketahui.

Gejala lain dari kulit wajah kering termasuk:

  • Bersisik
  • Memerah
  • Terlihat pucat
  • Kulit kasar
  • Berdarah

Kulit kering pada umumnya dapat di atasi dengan mengubah rutinitas perawatan kulit.Terkadang kulit wajah yang kering merupakan sebuah tanda dari permasalahan medis yang serius yang perlu kamu konsultasikan ke dokter.

Bagaimana cara mengatasi kulit wajah kering?

Sebelum kamu mengganti produk wajah, ada beberapa hal yang kamu dapat coba terlebih dahulu untuk menangani kulit wajah kering. Banyak cara yang sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan dan dapat di kombinasikan dengan produk wajah untuk mendapatkan hasil maksimal.

Mengubah kebiasaan mandi

Untuk mengatasi permasalahan kulit yang kering, kamu dapat memulai dari hal paling sederhana, yaitu mengurangi waktu mandi kamu. Membiarkan kulit basah terlalu lama justru dapat menurunkan kelembaban kulit, sehingga kulit kamu akan lebih kering dari kondisi sebelumnya.

Cara mencuci wajah

Perlu diketahui, ada beberapa bahan yang perlu kamu hindari dalam memilih pembersih wajah, bahan seperti alkohol, retinoids, atau alpha hydroxy acids. Bahan – bahan tersebut adalah penyebab umum kulit kering yang juga dapat mengakibatkan munculnya iritasi dan inflamasi.

Ada beberapa bahan yang memang dibuat untuk melembabkan kulit:

  • Polyethylene glycol
  • Akyl-polyglycoside
  • Silicone surfactants
  • Lanolin
  • Paraffin

Saat menghadapi permasalahan kulit wajah yang kering, akan lebih baik jika kamu hanya mencuci wajah di malam hari, dan hindari kebiasaan mencuci wajah beberapa kali sehari.

Gunakan pelembab

Gunakan pelembab secara rutin setelah mandi untuk mendapatkan kelembaban. Saat memilih produk pelembab, kamu dapat mencoba produk yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dan produk yang dapat menjaga kadar air dalam kulit di anjurkan untuk mengatasi kulit wajah yang kering dan mengelupas.

Dan untuk mengembalikan kelembaban kulit setelah seharian beraktivitas, gunakan produk oil-based yang juga dapat menjaga kulit wajah kamu tetap terhidrasi. Jika kamu mengalami permasalahan kulit kering yang parah, seperti kulit mengelupas dan pecah, coba gunakan produk yang berbahan dasar petrolatum. Produk dengan bahan dasar petrolatum, memiliki efek yang lebih kuat dan efektif untuk menjaga kadar air pada kulit.

Dan sebagai pelengkap, gunakan lip balm untuk menjaga kelembaban bibir, karena umumnya penderita kulit wajah yang kering juga mengalami permasalahan bibir kering.Dan pastikan produk lip balm yang kamu gunakan cocok degan kamu, jika terasa gatal saat menggunakan produk, coba cari produk lain.

Kenapa kulit wajah bisa kering dan mengelupas?

Keringnya kulit wajah dapat terjadi jika kulit kamu tidak memiliki cukup air dan minyak untuk tetap lembab. Kulit wajah kering dapat dimiliki oleh siapapun dan kapanpun. Kamu mungkin memiliki kulit kering hanya pada musim dingin, atau sepanjang tahun, atau hanya pada saat kelembaban udara dan temperatur menurun.

Kamu dapat memperhatikan perubahan kelembaban kulit pada saat kamu traveling, berenang di kolam yang mengandung chlorine, dan terkena paparan matahari.

Kulit wajah yang kering bila sudah parah dapat menyebabkan keretakan pada kulit. Retakan tersebut dapat menjadi tempat masuk bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Jika kamu merasakan adanya infeksi pada kulit wajah, segera konsultasikan kepada dokter.

Gejala infeksi yang umum terjadi adalah:

  • Kemerahan pada kulit
  • Panas
  • Nanah
  • Ruam
  • Demam

Sekalipun permasalahan kulit kering pada wajah di anggap sebagai permasalahan umum, namun jika tidak ditangani, permasalahan kulit kering dapat mengakibatkan penyakit kulit lain seperti atopic dermatitis, seborrheic demartitis, dan psiorasis.