Cek Fakta: Hoaks Menanak Nasi Dicampur Bawang Putih Bermanfaat Buat Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta – Klaim tentang menanak nasi dicampur bawang putih bermanfaat buat kesehatan beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Zaki Haidar pada 30 Juni 2020.

Akun Facebook Zaki Haidar mengunggah narasi yang menyebut bahwa menanak nasi dicampur bawang putih dapat bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya ampuh menurunkan risiko kanker hingga menurunkan kadar kolesterol.

MASAK NASI DI TAMBAH BAWANG PUTIH

Kemaren sempat lihat posthingan ini di beranda, dan alhamdulillah jadi inget waktu SMP ikut nenek di kampung. Di mana dulu setiap kali masak nasi selalu di ajarkan agar menambahkan bawang putih.

Mengapa di tambah putih ?

Karena jika ditambah bawang putih membuat nasi menjadi gurih, wangi dan ngga mudah basi, apa lagi jika di tambahin dgn minyak zaitun 1 sendok makan jika tdk ada bisa menggunakan 1/2 sendok makan minyak goreng. Maka beras menjadi pulen tidak lengket di panci. (Minyak untuk ukuran rice cooker kecil ya mom, silahkan di sesuai dgn kapasitas masaknya)

Dan yang paling penting, taukah ummahat ?

Ternyata setelah diteliti oleh para ahli gizi dan kesehatan, bahwa bawang putih jg mempunyai banyak kasiat loh, di antaranya:

– Menurunkan resiko kanker.

– Meningkat sistem imun tubuh.

– Dapat mengobati batuk dan flu.

– Menurunkan kadar kolestrol.

– Mencegah penyakit jantung.

– Anti bakteri dan Virus.

Dan masih banyak lagi..

Maka tunggu apa lagi, pasti ada kan stok bawang putih di rumah,

Yuk… umaat kita praktekkan, selain menjadi nasi enak, pulen, tdk cepat basi, badan jg sehat,” tulis Facebook Zaki Haidar.

Konten yang disebarkan akun Facebook Zaki Haidar telah 4 ribu kali dibagikan dan mendapat 1.900 komentar warganet.

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang menanak nasi dicampur bawang putih bermanfaat buat kesehatan. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci “menanak nasi bawang putih”.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah klaim tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul “Menanak Nasi Bersama Bawang Putih, Adakah Gunanya?” yang dimuat situs republika.co.id pada 5 Februari 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Belakangan, makin banyak orang yang tertarik mengonsumsi bahan-bahan alami demi kesehatan. Salah satu yang sering diperbincangkan di media sosial ialah khasiat bawang putih.

Tips menanak nasi bersama beberapa siung bawang putih pun tersebar luas di media sosial dengan iming-iming bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Caranya, cukup cuci beras lalu tambahkan air sesuai takaran kemudian masukkan tiga siung bawang putih.

Jika tak suka aroma bawang putih, maka tambahan daun pandan bisa digunakan untuk menetralisir. Klaim manfaat kesehatan dari menanak nasi dengan bawang putih itu mitos atau fakta, ya?

Menurut Dr dr Inge Permadhi SpGK, kiat seperti tidak benar. Tidak ada argumentasi ilmiah yang mendukung klaim khasiat menggunakan bawang putih utuh sebagai campuran untuk menanak nasi.

“Memasukkan bawang putih utuh saat menanak nasi dengan harapan suhu yang panas menyebabkan zatnya jadi keluar itu mitos,” jelas dokter spesialis gizi klinis ini.

Sebaliknya, menurut Inge, suhu panas justru dapat merusak. Zat aktif yang terkandung di dalam bawang putih malah bisa menjadi hilang.

Berdasarkan hasil penelitian, bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang mengandung antioksidan dan dapat bermanfaat bagi tubuh. Salah satu cara yang sudah banyak diketahui untuk mengonsumsi bawang putih ialah dengan memanggangnya.

“Bawang putih harus dipanggang terlebih dahulu karena kalau tidak pasti akan pedas sekali,” katanya.

Terlepas dari itu, Inge mengatakan, perlu penelitian lebih lanjut mengenai takaran bawang putih yang perlu dikonsumsi dalam sehari agar bisa mendapatkan manfaat yang diinginkan bagi tubuh.

“Perlu penelitian, apakah hanya enam saja atau malah harus satu kilogram, karena bawang putih kalau mau diambil zat aktifnya kan hanya sedikit dan zat aktif yang lainnya belum tentu yang kita cari,” katanya.

 

Kesimpulan

Klaim tentang menanak nasi dengan bawang putih bermanfaat buat kesehatan ternyata tidak terbukti. Dokter Inge Permadhi SpGK menyebut bahwa tidak ada argumentasi ilmiah yang mendukung klaim khasiat menggunakan bawang putih utuh sebagai campuran untuk menanak nasi.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Sumber