Cek Fakta: Tidak Benar Xi Jinping Sebut Hanya RI yang Mampu Kendalikan COVID-19

Liputan6.com, Jakarta- Viral kabar yang mengklaim pernyataan Presiden China Xi Jinping hanya Indonesia yang mampu mengendalikan virus corona baru (COVID-19).

Klaim tersebut diunggah akun Facebook Kiky Day, berikut isinya:

“Presiden RI. Ir H: Joko Widodo.Di Nobatkan Pemimpin Petama Yg Sangat Mampu Mengendalikan Situasi Terkini atas Covid 19

Presiden China Xi Jin Ping Menyebut Presiden RI sangat Luar Biasa👍👍

Mampu Mengayomi Seluruh Rakyat Indonesia Dengan Kualitas Yg Tidak Bisa Di Anggap Enteng Oleh Negara Laen

Dari Sekian Negara2 Tetangga Termasuk Australia,, masih di bawah Indonesia

Padahal Australia Sudah Lebih Dulu Terkena Wabah Virus Corona.

Hanya Negara Indonesia Yg Mampu Mengendalikan Penyakit Mematikan Itu, ujar Persiden Xi Jin Ping Di Kantornya, China Negara Maju, Tapi Indonesia Mampu Menyainginya.

Semua Negara Menjadi Tercengang dengan kemampuan Indonesia saat Ini. Presiden Jokowi Selalu Jadi Perbincangan hangat berbagai Negara Saat Ini.

Selamat Bertugas Presiden RI Doa Rakyat Yg Baik Selalu Menyertaimu.”

Unggahan pada 7 April 2020 tersebut telah mendapat 39 komentar dan dibagikan 4.600 kali.

Benarkah pernyataan Presiden China Xi Jinping hanya Indonesia yang mampu mengendalikan COVID-19? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim pernyataan Presiden Xi Jinping hanya Indonesia yang mampu mengendalikan COVID-19, menggunakan Google Search.

Hasil penelusuran, tidak ada artikel terkait dengan klaim. Namun, mengarah pada artikel berjudul “Xi Jinping Telepon Jokowi, China Siap Bantu Indonesia Lawan Corona COVID-19” yang dimuat situs liputan6.com, pada 3 April 2020.

Berikut isinya:

Presiden China Xi Jinping menyatakan siap mendukung dan membantu Indonesia dalam mengatasi pandemi Virus Corona COVID-19 saat ini. Hal itu disampaikan Xi dalam pembicaraan via telepon dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Menurut Xi, penyakit COVID-19 sedang menyebar dengan cepat di beberapa negara dan kawasan, termasuk Indonesia. Atas nama pemerintah dan masyarakat China, Xi menyampaikan rasa simpati yang tulus kepada rakyat Indonesia.

“Setelah perjuangan yang berat, masyarakat China berhasil keluar dari masa yang paling sulit,” ujar Xi, seraya menambahkan bahwa China memahami kesulitan yang dihadapi Indonesia dan bersedia menawarkan bantuan.

“China yakin bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia akan dapat mengalahkan wabah (Virus Corona) tersebut,” kata Xi.

Dia juga menekankan, dalam menghadapi pandemi parah ini, China dan Indonesia saling memberikan dukungan, yang menunjukkan persahabatan erat dalam berbagi suka maupun duka serta saling membantu di antara kedua negara.

“Epidemi tersebut merupakan tantangan bersama bagi seluruh umat manusia, dan hanya dengan memupuk sinergi yang kuatlah komunitas internasional dapat mengalahkannya,” tegas Xi, seperti dilansir Xinhua, Jumat (3/4/2020).

Ia menyarankan, China dan Indonesia harus bekerja sama dengan erat untuk mendorong ekonomi utama Kelompok 20 (G20) dan komunitas internasional memainkan peran mereka dalam respons krisis dan tata kelola ekonomi global.

“China akan menjunjung tinggi visi pembangunan sebuah komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia, membagikan pengalamannya dan memberikan bantuan sebanyak mungkin untuk perjuangan global melawan COVID-19, serta bekerja sama dengan negara-negara lain untuk mendorong pengembangan kesehatan masyarakat global dan membangun komunitas kesehatan bersama bagi umat manusia,” ungkap dia.

Dalam artikel tersebut, tidak ada pernyataan dari Xi Jinping tentang hanya Indonesia yang mampu mengendalikan COVID-19. Xi hanya menyatakan, China yakin bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia akan dapat mengalahkan COVID-19.

Penelusuran dalam Bahasa Inggris

Penelusuran lebih lanjut mengarah pada artikel berjudul “Xi: China ready to help Indonesia battle Covid-19” dimuat situs thestar.com.my, pada 3 April 2020.

Dalam artikel tersebut, Xi Jinping menyatakan siap bekerja sama dengan Indonesia untuk melawan COVID-19. Tidak ada penyataan terkait klaim hanya Indonesia negara yang mampu mengendalikan COVID-19.

Sebagai pemimpin negara dan tokoh terkenal pernyataan Presiden Xi Jinping dan Presiden Jokowi tentunya tidak terlepas dari pemberitaan media arus utama.

Namun tidak ada artikel yang mengulas klaim pernyataan Xi Jinping hanya Indonesia yang mampu mengendalikan COVID-19. Klaim tersebut telah mencatut pernyataan XI Jinping dan tidak bisa dipertanggungjawabkan sumbernya.

Dalam artikel berjudul “Fake news. It’s complicated” yang dimuat situs firstdraftnews.org, pada 16 Februari 2017, klaim tersebut masuk dalam konten disinformasi jenis Imposter content atau konten tiruan.

Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.

Kesimpulan

Klaim pernyataan Presiden China Xi Jinping hanya Indonesia yang mampu mengendalikan COVID-19 tidak terbukti.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Sumber