Cerita Desainer Diana Putri Bikin Masker di Tengah Pandemi COVID-19

1 views

Liputan6.com, Jakarta – Pandemi COVID-19 mempengaruhi berbagai sektor mulai dari ekonomi, sosial dan budaya. Hal itu juga membuat seseorang untuk terus berpikir, berkreasi dan beradaptasi dengan ada pandemi COVID-19.

Demikian juga yang dilakukan oleh desainer asal Surabaya, Jawa Timur Diana Putri. Kini Diana juga membuat masker nonmedis. Ia menceritakan membuat masker ini setelah melihat suaminya yang memakai masker. Dia melihat masker yang dipakai suaminya tidak fashionable.

“Pandemi ini ada hikmahnya karena pakai masker. Saya juga buat masker. Tercetus idenya ketika melihat suami (pakai masker-red) kok tidak fashionable,” ujar Diana saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Kamis (3/6/2020).

Ia pun selama dua minggu melakukan percobaan untuk pembuatan masker. Diana mencari bahan yang nyaman dan aman untuk pembuatan masker nonmedis tersebut. Akhirnya ia pun menemukan bahan nyaman dan aman untuk masker.

“Cari bahan comfort, breathable, harus senyaman mungkin ketika dipakai,” kata dia.

Diana pun mulai pertengahan April memproduksi masker. Dalam sehari dalam membuat 30-40 masker. Ia dibantu sekitar 12 pegawai untuk membuat masker ini. Harga masker karya Diana dibanderol Rp 295 ribu.

“Karena semua home made, dan saya orangnya perfectionist jadi quality control harus perfect,” kata dia.

Diana mengatakan, masker yang dibuatnya juga ada permintaan khusus dari kliennya. Misalkan masker terseut diberikan inisial nama kliennya. Produksi masker buatan Diana pun sudah dipasarkan ke Bali, Sumatra dan wilayah lainnya di Indonesia.

“Sudah seluruh Indonesia, dan sudah (dipasarkan-red) ke Brunei,” ujar dia.

Dengan ada pandemi COVID-19, Diana menceritakan, sejumlah klien menjadwalkan ulang rencana pesta pernikahan, ulang tahun dan lainnya hingga akhir tahun dan tahun depan. desain baju rancangan Diana pun kini lebih simpel. Hal ini mengingat dengan ada pandemi COVID-19 dan sejumlah protokol kesehatan yang harus diterapkan.

Kesan Diana Putri Merancang Pakaian untuk Ariana Grande dan Carrie Underwood

Diana Putri jadi desainer asal Surabaya yang bawa nama Indonesia di fashion internasional. (Sumber: Instagram/@@dianamputri)
Diana Putri jadi desainer asal Surabaya yang bawa nama Indonesia di fashion internasional. (Sumber: Instagram/@@dianamputri)

Sebelumnya, sejumlah desainer Indonesia tak hanya mengukir prestasi di dalam negeri, tapi sudah sampai ke mancanegara. Pamor mereka sudah mendunia dan mengharumkan nama Indonesia.

Diana Putri pun menambah daftar panjangnya.Koleksi-koleksi pakainnnya telah mendunia, sederet artis Hollywood seperti Ariana Grande, Camila Cabello, Janet Jackson, Nicki Minaj, dan Megan Trainor telah menggunakan hasil kreasinya.Diana biasanya merancang pakaian selebriti Hollywood untuk video klip hingga konser mereka.

Yang terbaru ia merancang empat busana sekaligus untuk konser tur penyanyi country asal Amerika Serikat, Carrie Underwood, The Cry Pretty Tour 360 di Las Vegas.Diana juga menjadi official designer bagi sejumlah kontestan di kontes kecantikan dunia.

“Saya menyiapkan empat pakaian dengan warna hitam, emas, fuschia, dan perak. Dan mendesain sesuai karakternya, Saya bangga dan bahagia banget karena dia sangat puas dengan rancangan saya,” terangnya saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu, dilansir dari Fimela, 16 Oktober 2019.

Diana juga merancang pakaian penyanyi Camila Cebello untuk sampul majalah Wonderland.

“Dia paling suka warna off white gitu. Jadi model pakaiannya bustier dengan detail crusted pearl, tapi tetap warna off white,” ungkapya.

Perempuan kelahiran Surabaya ini juga menceritakan kalau Ariana Grande lebih menyukai baju yang mekar atau flowy.”Waktu Ariana saya pernah bikin bajunya cuma tiga hari, dari pagi ketemu malam, begadang. Tapi komunikasi soal desain baju hampir 8-9 hari,” kenangnya.

Diana juga menceritakan, perbedaan pasar Hollywood dan Indonesia. Di Hollywood lebih menyukai pakaian yang tidak mengurangi gerak atau bisa leluasa untuk bergerak.”Kebanyakan mereka harus mengikuti koreagrafi sambil bernyanyi. Jadi membutuhkan pakaian yang leluasa bergerak,” ujarnya.

Selain itu, mereka cenderung lebih jujur dan ekspresif terhadap karya busana. Kalau sudah suka dengan satu busana, mereka akan langsung mencoba dan memakainya.

Tak hanya selebriti luar negeri, sederet artis Indonesia juga pernah memakai baju rancangan Diana Putri, seperti Inul Daratista, Krisdayanti, Yuni Shara, Irish Bella dan Kahiyang Ayu. (Anisha Saktian Putri/Fimela.com)

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Sumber