Fakta Seputar Komedo Beserta Cara Mencegah dan Menghilangkan Komedo

55 views

Komedo merupakan salah satu dari sekian banyak permasalahan kulit wajah yang terjadi pada banyak orang. Jika dibiarkan, tidak hanya menurunkan kepercayaan diri, tapi juga dapat berpotensi menjadi jerawat. Sekalipun komedo sering dianggap sepele, namun demi menjaga penampilan dan kulit wajah, komedo harus dihilangkan segera dengan cara  yang benar.

Ilustrasi komedo hitam dan komedo putih

Dalam artikel ini, kita akan membahas fakta seputar komedo beserta cara mencegah dan menghilangkan komedo yang mungkin Anda belum ketahui.

 

Apa itu komedo? Dan bagaimana cara mencegah komedo?

Komedo merupakan masalah kulit yang paling umum dan susah – susah gampang untuk ditangani. Dan, tahukah Anda, bahwa komedo merupakan salah satu type jerawat? Komedo terbentuk akibat minyak dan kulit mati pada lapisan kulit, dan komedo juga dapat dibedakan menjadi dua jenis: komedo hitam dan komedo putih. Bagaimana cara membedakan jenis komedo hitam dan komedo putih? Caranya cukup mudah, jika Anda melihat area pori-pori besar yang memiliki area hitam, maka itu adalah komedo hitam. Berbeda dengan komedo hitam, komedo putih lebih sulit untuk dilihat karena permukaannya tertutup lapisan kulit. Komedo putih dapat dengan mudah ditemukan dengan cara memijit pori-pori wajah.

 

Penyebab komedo hitam dan komedo putih

Biasanya, orang lebih merasa terganggu dengan jenis komedo hitam karena lebih terlihat dibanding komedo putih. Lalu, apa sebenarnya penyebab komedo hitam?

Beberapa faktor penyebab munculnya komedo hitam di antaranya:

  1. Iritasi pada folikel rambut
  2. Perubahan hormon, terutama pada masa puber, menstruasi, dan efek samping pil KB
  3. Efek samping dari obat-obatan yang mengandung kortikosteroid, lithium, dan androgen

Selain tiga faktor diatas, ada faktor-faktor penyebab komedo hitam lainnya yang mungkin Anda sudah dengar. seperti menumpuknya kotoran pada pori-pori sehingga jumlah bakteri pada kulit meningkat, dan mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula yang tinggi. Lalu, apa penyebab komedo putih?

Komedo putih memiliki beberapa kesamaan faktor penyebab seperti komedo hitam, berikut adalah faktor lain yang menyebabkan munculnya komedo putih:

  1. Permukaan kulit yang terlalu lembab, karena faktor obat atau udara
  2. Iritasi akibat mencuci wajah dengan produk yang tidak tepat atau mencuci wajah dengan kasar
  3. Merokok

9 tips untuk mencegah munculnya komedo

Penanganan komedo yang sudah parah membutuhkan waktu yang cukup lama apabila ingin dilakukan secara aman dan efektif. Maka dari itu, lebih baik melakukan pencegahan sebelum komedo muncul di kulit Anda. Berikut adalah beberapa tips pencegahan komedo yang Anda dapat ikuti:

Mulai menggunakan produk noncomedogenic. Singkatnya, produk noncomedogenic adalah produk skincare dan makeup yang dibuat secara khusus agar tidak menyumbat pori-pori.

Bersihkan makeup sebelum tidur. Membersihkan makeup dapat membantu mencegah tersumbatnya minyak dan kotoran pada pori-pori kulit.

Bersihkan rambut lebih sering. Membersihkan rambut secara reguler tidak hanya membuat rambut dan kulit kepala sehat, tapi juga membantu menghilangkan minyak dan kotoran yang berpotensi mengenai wajah saat Anda tidur.

Pastikan tangan dan kuku Anda bersih. Tangan dan kuku yang bersih dapat meminimalisir kotoran dan minyak menempel di wajah.

Cuci perlengkapan tidur seperti bantal guling dan selimut. Setidaknya sekali dalam seminggu untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang menempel.

Gunakan produk skincare yang mengandung salicylic acid untuk membantu menghilangkan kulit mati yang menumpuk di pori-pori.

Gunakan Retinoids. Retinoids adalah turunan dari vitamin A, yang tujuan utamanya untuk menyembuhkan jerawat yang sudah parah, retinoids juga dapat membantu mengontrol kadar minyak berlebih yang dapat berpotensi menjadi komedo.

Jangan gunakan produk jerawat berlebihan, Jika Anda menggunakan salicylic acid, dan sulfur berlebihan, atau mengkombinasi banyak produk anti-jerawat, hal tersebut justru dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Dan ironinya, hal ini dapat menjadi penyebab munculnya banyak komedo, karena secara natural tubuh akan menghasilkan sebum untuk membuat kulit kita lembab / basah.

Jalani Diet sehat. Walaupun makanan berlemak dan berminyak bukan penyebab utama jerawat dan komedo, menjalani diet sehat juga penting untuk menjaga kesehatan kulit. Minum air yang cukup juga dapat menyeimbangkan kadar sebum 

 

Menghilangkan komedo sendiri atau oleh professional?

Mungkin Anda sudah banyak melihat cara dan tips menghilangkan komedo di internet, dengan cara alami, atau menggunakan alat. Namun, pernahkah terpikir pertanyaan-pertanyaan berikut di pikiran anda: apakah saya membutuhkan dermatologist untuk menghilangkan komedo di wajah saya? bagaimana hasilnya jika dibandingkan dengan penanganan professional? Seberapa efektifkah jika menghilangkan komedo dengan bahan-bahan alami? Apakah bahan alami cocok dengan kulit saya? Apakah menghilangkan komedo dengan bahan-bahan natural memiliki efek samping?

Jenis penanganan yang Anda pilih harus dipertimbangkan berdasarkan tingkat kedalaman komedo yang Anda miliki. Berikut adalah tips dan informasi mengenai cara penanganan komedo.

 

Penanganan komedo sendiri

Untuk menghilangkan komedo yang dilakukan sendiri (dirumah), hal paling mendasar yang perlu dilakukan adalah mencuci wajah. Jangan terlalu sering mencuci wajah, terutama dengan produk skincare, karena hal tersebut dapat membuat kulit kering dan mengakibatkan permasalahan kulit yang lain. Mencuci wajah lebih baik dilakukan dua kali sehari: Sekali di pagi hari dan sekali lagi di akhir hari (sebelum tidur). Jika Anda berada di aktivitas siang hari, mungkin Anda harus mencuci wajah jika berkeringat.

 

Gunakan physical exfoliant

produk physical exfoliant

Proses exfoliation membantu menghilangkan sel kulit mati, sebum, dan kotoran dari permukaan kulit. Ada banyak jenis physical exfoliant, tapi harap perhatikan tingkat sensitivitas kulit Anda, jangan gunakan produk yang dapat membuat kulit dan pori-pori anda iritasi. Carilah bahan yang lembut  dan tidak menyebabkan iritasi atau penyumbatan pori-pori, gunakan lapisan tipis dan jangan digosok dengan keras / kasar ke permukaan kulit, tapi pijat perlahan. Dan yang paling penting, ikuti instruksi dari produk yang Anda gunakan.

 

Gunakan uap air hangat

uap air hangat untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan komedo

Uap air hangat dipercaya dapat membuka pori-pori kulit, sehingga semua kotoran yang menumpuk akan keluar dengan mudah.

Untuk membuka pori-pori dengan air hangat, ikuti cara berikut:

  1. Masak air hingga mendidih
  2. Masukan ke wadah yang cukup besar
  3. Duduk dan hadapkan wajah Anda kedalam wadah
  4. Gunakan kain, atau handuk untuk menutupi kepala dan wadah
  5. Atur ketinggian kepala saat menghadap kedalam wadah untuk mengatur tingkat kehangatan
  6. Tunggu sampai lima hingga sepuluh menit

Gunakan mask berbahan tanah liat atau arang

Wardah clay mask

Proses exfoliation dan uap air hangat membuat pori-pori kulit siap untuk dikeluarkan kotorannya, gunakan clay mask, atau charcoal mask untuk membersikan pori-pori mendalam. Proses ini dapat membantu mengeluarkan banyak kotoran dan minyak berlebih di kulit Anda. Saat melakukan proses ini, diamkan hingga lima belas menit untuk hasil maksimal.

 

Gunakan alat extractor

Alat extractor komedo

Alat extractor dibutuhkan jika Anda ingin menghilangkan komedo yang sudah berada di lapisan terdalam kulit. Jika Anda ingin menggunakan alat extractor, pastikan alat extractor sudah steril, dan gunakan sewajarnya agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

 

Gunakan serum pelembab atau penyejuk

Image result for serum pelembab wajah greentea

Serum dibutuhkan jika Anda memiliki kulit yang sensitif, gunakan serum yang memiliki bahan  green tea, vitamin E, dan minyak almond. Karena bahan-bahan tersebut dapat menyejukan dan melembabkan lapisan kulit Anda.

Jika anda lebih memilih untuk menangani komedo dirumah, jangan mencoba untuk memencet, atau mencubit komedo. Selain hal tersebut dapat memperbesar ukuran pori-pori, memencet atau mencubit komedo juga tidak efektif untuk menghilangkan komedo. Jika komedo berada di lapisan kulit yang dalam, maka mencubit komedo hanya mengeluarkan kotoran di permukaan atas saja.

 

Bisakah ramuan alami menghilangkan komedo?

Mungkin Anda banyak melihat tutorial atau tips cara menghilangkan komedo dengan alami atau natural, namun nyatanya tidak ada satupun dari ramuan atau tips tersebut yang dapat dibuktikan keberhasilannya. Dan faktanya, justru banyak dari tips dan ramuan untuk menghilangkan komedo tersebut malah membuat komedo atau jerawat semakin parah. Jika Anda memutuskan untuk menghilangkan komedo atau jerawat dirumah, pastikan Anda tahu betul apa yang Anda gunakan (bahan kimia, alat, dan cara menangani).

Dan ada juga bahan-bahan yang sebenarnya berbahaya untuk kulit, namun banyak ditemukan di internet dan dianggap sebagai obat alami untuk menghilangkan komedo. Bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau bersifat berbahaya untuk kulit diantaranya:

  1. Lemon
  2. Baking Soda
  3. Pasta gigi
  4. Cuka apel
  5. Garam

5 bahan diatas merupakan bahan yang sebenarnya tidak baik untuk digunakan pada kulit wajah, terutama untuk mengatasi permasalahan jerawat atau komedo. Alasannya cukup simpel, kelima bahan diatas justru membuat kulit Anda terlalu kering.

Selain itu, ada juga bahan-bahan yang sebenarnya tidak berbahaya, namun tidak efektif dan tidak seharusnya di ikuti.

Bahan-bahan yang sebenarnya tidak efektif untuk mengatasi komedo adalah:

  1. Teh
  2. Putih telur
  3. Yogurt
  4. Madu

Anda dapat menemukan bahan-bahan tersebut berada pada kandungan produk skincare atau mask karena bahan-bahan diatas mengandung antioksida yang dapat melembabkan kulit. Dalam kasus komedo, bahan-bahan diatas tidaklah efektif untuk menangani komedo.

 

Penanganan komedo oleh professional

Jika Anda tidak mengalami rasa sakit atau bengkak, biasanya bantuan professional tidak diperlukan untuk menghilangkan komedo.

Jika Anda sudah melakukan banyak cara, namun komedo masih belum hilang dari pori-pori, maka Anda membutuhkan dermatologist untuk membantu menghilangkan komedo.

Ada beberapa cara yang di rekomendasikan untuk menghilangkan komedo membandel, di antaranya:

 

Microdermabrasion / Mikrodermabrasi

Proses ini memberikan efek lebih daripada menggunakan scrubs. Proses ini menggunakan alat berbahan kristal untuk menggesek lapisan terluar untuk mengangkat kulit mati. Cara ini juga dapat mengurangi ukuran pori-pori yang membesar.

 

Peeling

Dengan proses chemical peeling, lapisan teratas kulit Anda dimana kotoran dan komedo berada akan terangkat. Namun harap diperhatikan, setelah menjalani proses ini kulit Anda akan lebih sensitif terhadap sinar matahari.

 

Terapi dengan laser

Metode laser therapy dapat Anda gunakan jika jerawat atau komedo tidak keluar saat menggunakan proses-proses sebelumnya. Proses terapi laser sering digunakan untuk komedo yang kondisinya sudah parah sehingga bahan kimia sudah tidak mampu mengangkat komedo yang berada di lapisan terdalam kulit, dermatologist akan menggunakan laser dan vakum untuk menarik keluar komedo dari pori-pori.

Kesimpulan

Komedo merupakan hal yang dianggap normal oleh banyak orang karena tidak sedikit yang memiliki komedo, namun jika dibiarkan, komedo dapat menjadi parah dan sulit untuk dihilangkan. Jika Anda sudah mencoba semua cara yang ada pada halaman ini, tapi tidak ada hasil. Coba temui dokter kulit untuk konsultasikan masalah komedo Anda.