Gara-Gara Corona Covid-19, Turnamen International Champions Cup 2020 Ditiadakan

Liputan6.com, New York – Turnamen pramusim International Champions Cup (ICC) tahun ini akan ditiadakan. Hal itu karena masih maraknya penyebaran virus corona Covid-19 di hampir seluruh dunia.

Operator ICC, Relevent Sports Daniel Sillman mengumumkan keputusan itu pada Jumat (10/4/2020) waktu setempat. Mereka percaya turnamen ICC hampir mustahil untuk digelar tahun ini.

Mereka berpendapat, hingga saat ini tidak ada yang bisa memastikan kelanjutan kompetisi 2019-2020. Padahal, itu akan sangat memengaruhi jadwal ICC yang berlangsung setiap sebelum mengawali musim baru.

“Kurangnya kejelasan mengenai kapan pembatasan jarak sosial (social distancing) dan diam di tempat akan dicabut dan ketidakpastian kalender sepak bola internasional” membuat penyelenggaraan turnamen ‘tidak jelas,” terang kepala eksekutif Relevent Sports Daniel Sillman, seperti dilansir ESPN.

Tidak sedikit kompetisi sepak bola di negara Eropa yang dihentikan sementara. Demikian pula Liga Champions dan Liga Europa, yang masih berharap bisa menyelesaikan musim mereka tahun ini.

Turnamen pramusim ICC pertama kali digelar pada 2013. Biasanya, ICC dimainkan pada rentang waktu Juli sampai Agustus di Amerika Serikat dan di luar AS.

Ajang Pemanasan

Salah satu pertandingan ICC 2019 di Amerika Serikat antara Liverpool melawan Borussia Dortmund. (Foto: AFP)
Salah satu pertandingan ICC 2019 di Amerika Serikat antara Liverpool melawan Borussia Dortmund. (Foto: AFP)

Biasanya, turnamen ICC menjadi ajang pemanasan bagi klub-klub top Eropa maupun Amerika Latin sebelum mengarungi kompetisi satu musim penuh. Di ICC pula klub-klub dapat menurunkan pemain-pemain baru atau muda untuk beradaptasi dan menambah jam terbang.

Turnamen ini telah menampilkan sebagian besar klub terkemuka Eropa, dan banyak pertandingannya yang menarik banyak penonton, termasuk 109.000 untuk laga Real Madrid melawan Manchester United di Michigan pada 2014.

Awal Musim

Tapi, penyelenggara turnamen pramusim ini mulai berpikir ulang untuk terus menggelarnya secara rutin. Alasannya, mereka tidak juga bisa meraih untung dari ICC sejak beberapa tahun penyelenggaraan.

Sumber