Grab Ajak Perusahaan Indonesia untuk Gotong Royong Bantu Mitra Pengemudi Selama Pendemi

Liputan6.com, Jakarta Wabah Covid-19 berdampak ke semua sektor di Indonesia. Tak hanya kesehatan, sektor perekonomian pun tak luput dari wabah tersebut. Hal itu dikarenakan mobilitas orang-orang berkurang, seperti yang dialami oleh mitra pengemudi Grab, misalnya.

Demi membantu para mitra pengemudi, Grab Indonesia telah menyiapkan dana sebesar Rp 160 Miliar. Hal itu merupakan realisasi program ‘Kita vs Corona’ yang diusung oleh Grab Indonesia.

Dari dana tersebut, Grab akan membagikan donasi kepada lebih banyak mitra pengemudi dalam bentuk paket dan voucher belanja sembako, dan kebutuhan pokok lainnya.

Dukungan itu juga tidak hanya dari Grab, ada pula bantuan dari perusahaan besar. Untuk mendistribusi bantuan ini, Grab menggandeng BenihBaik, platform crowdfunding yang dipimpin jurnalis senior Andy F. Noya.

Nantinya, mitra pengemudi Grab yang terkena dampak pandemi ini dapat menemukan informasi bantuan melalui fitur GrabBenefits pada aplikasi yang dapat mereka tukarkan dengan paket sembako ataupun voucher belanja sembako.

Selain bantuan makanan, mitra pengemudi Grab juga akan menerima multivitamin dan hand sanitizer yang disediakan oleh mitra bisnis seperti Fatigon dan Lifebuoy.

Melalui donasi ini, Lifebuoy berbagi peran untuk membiasakan pentingnya mencuci dan menjaga kebersihan tangan agar terhindar dari berbagai penyakit, apalagi di tengah pandemi virus korona ini.

Dukungan dari perusahaan lain

Demi meringankan para pengemudi yang terdampak wabah Covid-19, Grab menggandeng sejumlah perusahaan terkemuka untuk mendukung program ini, seperti Bank Danamon, Adira Finance, Tunas Toyota, Pertamina, Bank Syariah Mandiri, XL Axiata, ExxonMobil Lubricants Indonesia dan perusahaan multinasional MUFG Bank.

Seperti diketahui, donasi gelombang pertama Grab diluncurkan dua minggu lalu, dengan paket sembako didistribusikan ke mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar di 27 kota di Indonesia. Mulai dari Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Bali, Yogyakarta, Pangkal Pinang, Bengkulu, Pekanbaru, Bontang, Mataram, Pontianak, dan Makassar serta akan terus diperluas ke kota-kota lainnya.

Dengan adanya langkah ini, para pengemudi Grab pun menyambutnya dengan baik. Hal itu dilihat dari sebuah akun Twitter @penjahatgunung yang mengatakan: “Buat temen temen driver Grab, monggo dicek inboxnya, ada kupon sembako sebesar 150ribu yang bisa dituker di indomaret. Semoga mberkahi.

Unggahan tersebut pun kemudian dimuat dalam akun Instagram @dramaojol.id: “Wah Grab sama Indomaret bagi-bagi voucher buat para driver di beberapa kota. Alhamdulillah stok sembako puasa udah aman. Yang blm kebagian tunggu giliran ya. Tetep semangat semua! Semoga ke depannya banyak inisiatif dr Grab yang bagus2 buat drivernya.

Gotong Royong Bantu Mitra Pengemudi. Dok. Grab Indonesia
Gotong Royong Bantu Mitra Pengemudi. Dok. Grab Indonesia

Para pengemudi bisa mengambil paket sembako sesuai titik pengambilan yang ditentukan di setiap kotanya. Sedangkan untuk voucher belanja sembako, dapat ditukar dengan produk-produk seperti beras, minyak goreng, garam, gula, tepung, mie instan, telur, sarden, daging kornet senilai Rp 150.000 per mitra pengemudi. Sebagian dari dana yang digunakan untuk sembako ini juga didanai oleh sumbangan sukarela karyawan Grab Indonesia yang telah dilipatgandakan oleh perusahaan.

“Di saat banyak mitra pengemudi kami yang terdampak pandemi, selain membantu mereka menemukan alternatif untuk memperoleh penghasilan, kami juga mencari cara untuk membantu memastikan pemenuhan kebutuhan sehari-hari mereka. Kami bersyukur atas dukungan dari berbagai mitra bisnis dan juga BenihBaik yang telah bekerja sama dengan kami untuk memperluas program bantuan Grab untuk para mitra pengemudi kami. Kami telah meluncurkan donasi gelombang pertama dua minggu yang lalu dan akan terus mencari cara untuk memperluas program ini agar dapat bermanfaat bagi mitra pengemudi yang lebih banyak lagi,” jelas Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi.

Sebelumnya, bersama BenihBaik dan Palang Merah Indonesia, Grab menyediakan masker bagi petugas kesehatan, mitra pengemudi, dan masyarakat luas melalui inisiatif “Satu Juta Masker PMI”.

Untuk mendukung pemerintah mengatasi penyebaran virus, Grab juga telah menjadi mitra terpercaya untuk pemeriksaan awal gejala virus melalui layanan konsultasi GrabHealth, layanan pengantaran obat dan petugas kesehatan yang berada dalam naungan Kementerian Kesehatan RI.

“Kami sangat berterima kasih atas dedikasi para mitra pengemudi dalam melayani kebutuhan masyarakat Indonesia. Kami juga berharap dapat terus membantu mereka dalam memberikan rasa tenang serta berkah dalam bulan Ramadhan ini,” ujar Neneng.

Grab berencana untuk memperluas inisiatif donasinya untuk memberi manfaat kepada lebih banyak mitra pengemudi. Perusahaan rintisan ini juga akan melanjutkan kerja sama dengan 2 perusahaan lainnya dalam mengumpulkan sumber daya untuk mendukung mitra pengemudi yang telah memainkan peran penting dalam mendukung bisnis dan ekonomi Indonesia secara umum.

Sumber