Inilah Budaya Mandi Orang Korea yang Mungkin Kamu Belum Tahu

105 views

Selain dikenal sebagai negara K-Pop, Korea juga memiliki banyak hal unik yang sebenarnya cukup populer dan membudaya, salah satunya adalah ttaemiri. Ttaemiri adalah bahasa Korea yang berarti menggosok, ttaemiri dilakukan setelah mandi untuk membersihkan daki pada tubuh. Budaya ini biasanya dilakukan ditempat permandian umum khas Korea dan orang Korea menggunakan handuk dengan tekstur kasar yang disebut handuk Italia atau handuk ttaemiri.

handuk italia

Handuk Italia adalah kain berbahan kasar yang di khususkan untuk keperluan mandi. Karena jenisnya yang kasar, kain ini dipercaya dapat membersihkan daki jauh lebih baik daripada handuk yang biasa mereka gunakan. Karena popularitasnya, handuk Italia ini menjadi salah satu perlengkapan mandi wajib yang disediakan secara gratis di banyak tempat permandian umum khas Korea.

Mengenai praktik budaya ttaemiri sendiri, banyak dokter yang tidak menganjurkan untuk menggosok tubuh dengan kain berbahan kasar karena tidak hanya kotoran yang lengket saja yang akan terangkat, tapi sel kulit juga. Sehingga tidak hanya kulit menjadi merah dan terasa perih, tapi juga kulit akan mengalami proses penuaan yang lebih cepat akibat keringnya lapisan kulit yang tergesek.

budaya mandi korea

Budaya ttaemiri lekat dengan tempat permandian umum yang disebut mogyoktang dan jjimjilbang. Kebanyakan orang Korea tidak memiliki tempat permandian air hangat dirumahnya, sehingga tempat permandian umum menjadi bagian dari rutinitas setiap minggu atau setiap bulan untuk membersihkan diri bersama keluarga. Bagi pengunjung yang datang sendirian ke permandian umum, ada karyawan / karyawati yang dapat diandalkan untuk membantu pengunjung membersihkan tubuh dengan handuk ttaemiri.

Tempat permandian umum untuk merasakan sensasi ttaemiri dibagi menjadi dua, mogyoktang dan jjimjilbang. Kedua istilah tersebut sama-sama berarti tempat permandian umum, namun jjimjilbang adalah tempat permandian umum yang berukuran besar yang menawarkan banyak sekali fasilitas dari mulai hot tub, kantin, area istirahat, tempat karaoke, hingga warnet. Oleh karena fasilitas yang lengkap, sehingga jjimjilbang sering dijadikan tujuan utama bagi generasi muda dan turis yang datang ke Korea.

Berbeda dengan jjimjilbang, mogyoktanglebih dikenal dan dipenuhi oleh generasi yang lebih tua, dan fasilitas yang diberikan lebih sedikit ketimbang jjimjilbang. Fasilitas yang disediakan oleh mogyoktang adalah ruang loker, shower, jacuzzi, ruang pijat dan barbershop. Tidak seperti jjimjilbang dimana ada area istirahat, warnet dan kantin, mogyoktang biasanya hanya fokus sebagai tempat permandian dan tidak buka 24 jam.

mogyoktang

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba ttaemiri ketika berkunjung ke Korea? Walaupun ttaemiri dikenal dapat membuat pengunjung menangis karena perih, tapi hasil yang diberikan bagus kok! Asal tidak dilakukan sering-sering ya 🙂