Masa Work From Home Diperpanjang, Ini Cara Jaga Kesehatan Mental dan Fisik

Liputan6.com, Jakarta Pandemi corona atau Covid-19 di Indonesia yang masih terus mengalami perkembangan membuat pemerintah memperpanjang masa darurat Covid-19. Hingga 14 April 2020, berdasarkan data situs covid19.go.id sudah ada 4839 kasus corona, 426 dinyatakan sembuh, dan 459 meninggal dunia yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia.

Untuk mencegah penyebaran semakin meluas, pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan social dan psychical distancing serta work from home. Pada awalnya instruksi bekerja dari rumah terdengar menyenangkan. Anda tak perlu pergi ke kantor, menghadapi kemacetan, kehujanan atau kepanasan, bisa selalu berkumpul dengan keluarga dan sebagainya.

Namun, seiring berjalannya waktu terus menerus berada di rumah juga dapat menyebabkan masalah kesehatan secara mental maupun fisik. Dikutip medicaldaily.com, permasalahan yang terjadi seperti depresi, frustasi, rasa cemas hingga ketakutan. Sedangkan secara fisik badan menjadi mudah pegal-pegal, kram pada kaki, nyeri pada leher dan bahu, serta mata menjadi mudah lelah. Belum lagi jika asupan makanan, pola istirahat dan kebersihan rumah tidak diperhatikan. Malahan membuat tubuh gampang sakit dan mudah terpapar virus.

Untuk menjaga kesehatan mental dan tubuh selama berada di rumah dikutip dari Healthline, Anda bisa praktekkan hal ini.

1. Jaga Rutinitas dengan Teratur

Sebelum pandemi corona, Anda terbiasa bangun pagi untuk berangkat ke kantor. Pertahankan rutinitas sehat ini. Jangan karena bekerja di rumah, Anda malah terbiasa bangun siang. Seperti Anda ketahui bangun pagi, menghirup udara pagi dan menikmati sinar matahari pagi sangat bermanfaat bagi tubuh. Ditambah Anda bisa mengawali hari dengan berolahraga dan rutin sarapan pagi.

2. Tidak Tidur Siang Berlebihan

Melihat sofa dan kasur empuk di rumah tentu menggoda untuk tidur siang. Secukupnya saja, jangan tidur siang berlebihan karena ini dapat merusak rutinitas Anda. Alih-alih tidur siang, lebih baik segera menyelesaikan pekerjaan sehingga menghindari lembur dan bisa melakukan aktivitas bermanfaat lain di rumah.

3. Rutin Olahraga

Langkah kaki harian Anda jauh berkurang, tempat gym tutup dan Anda tidak bisa jogging bebas seperti biasanya. Lakukan olahraga ringan selama di rumah, stretching, yoga, angkat barbel, lompat tali, dan sebagainya manfaatkan perlengkapan lain yang Anda miliki. Buat diri Anda berkeringat agar metabolisme tubuh bekerja optimal. Selain itu olahraga juga dapat menurunkan tingkat stres dan depresi serta membakar kalori.

4. Asupan makanan dan informasi yang sehat

Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi secara teratur, Anda juga perlu menerima informasi atau arus berita yang sehat. Tak melulu tentang Covid-19, Anda juga perlu mengakses informasi lain yang bisa membuka wawasan, memberi inspirasi dan optimisme. Sehingga Anda bisa menghindari perasaan cemas dan khawatir berlebihan karena pandemi.

5. Batasi Paparan Cahaya Biru dan Penggunaan Gadget

Tak bisa dipungkiri selama pandemi corona, internet dan gadget menjadi alat paling aktif untuk mengusir rasa jenuh dan bosan. Namun, menatap layar ponsel dan televisi terus menerus tidak membuat tubuh Anda lebih baik dan tidur lebih nyenyak. Mulai sekarang sebaiknya Anda mencoba tidak menonton televisi maupun menggunakan ponsel satu jam sebelum waktu tidur.

6. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

 Karena tidak banyak melakukan aktivitas berat selama di rumah, tanpa disadari kita menjadi jarang minum air putih. Jangan sampai ini terjadi. Anda perlu tetap memastikan tubuh terhidrasi dengan baik agar seluruh sistem di tubuh dengan lancar dan sempurna. Kekurangan cairan dapat membuat Anda mudah lelah dan tidak baik bagi organ dalam. Hindari mengkonsumsi minuman soda berlebihan atau bahkan alkohol.

Untuk alternatif minuman sehat, Anda bisa mencicipi minuman sarang burung walet.  Sarang walet atau dikenal dengan sebutan Edible’s Bird Nest merupakan sarang yang tercipta dari air liur burung walet yang kemudian menjadi padat.

Khasiat Luar Biasa Sarang Burung Walet untuk Kesehatan

©Shutterstock.
©Shutterstock.

Di balik segarnya minuman sehat sarang burung, sarang walet mengandung Epidermal Growth Factor (EGF) untuk produksi kolagen alami. Dikutip dari merdeka, sarang walet memiliki banyak khasiat bagi kesehatan yang tak disangka-sangka. 

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Sebagai sumber asam amino penting
  • Mencegah resistensi insulin
  • Menurunkan risiko penyakit jantung
  • Sebagai sumber mineral terbaik
  • Sebagai sumber antioksidan
  • Meningkatkan vitalitas dan menjaga kesehatan para usia lanjut.

Selain itu semua, mengkonsumsi sarang walet secara rutin dapat membantu menjaga kecantikan kulit seperti peremajaan kulit, membuat kulit lebih halus, lebih bercahaya, dan tampak lebih muda. Cek info sarang walet di link ini.

Begitu banyaknya manfaatnya sarang walet, Realfood mengajak masyarakat Indonesia untuk memulai gaya hidup sehat dengan mengonsumsi olahan sarang burung walet melalui program-program sehat yang dijalankan. Pertama, program sehat Stay Fit. Stay Fit merupakan partner yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari bagi anda dan keluarga, termasuk anak-anak yang mana kesehatan adalah prioritas Utama. Program ini yang membantu menjaga sistem imunitas guna memaksimalkan kegiatan sehari-hari tanpa merepotkan.

Kemudian program sehat Royal Wellness. Program ini hadir untuk memberikan nutrisi lengkap untuk segala usia. Glikoprotein dan asam sialat dalam kandungan sarang burung walet aslinya membantu menyokong sistem imun, mempercepat proses regenerasi sel, menjaga sistem metabolisme tubuh, serta membantu menjaga sistem pencernaan.

Sementara Seluruh program sehat dari Realfood tersebut aman dijalankan karena telah mendapat sertifikasi ISO 22000, BPOM dan Halal serta fasilitas produksi yang modern dan steril.

Anda bisa mengikuti dan memulai program sehat Realfood kapanpun sesuai kebutuhan masing-masing. Program sehat Realfood tidak menggunakan Bahan Pengawet, Pemanis Buatan, dan Pewarna. Produk Realfood disupervisi oleh ahli gizi dan nutrisi yang berpengalaman. Untuk mendapatkan manfaat terbaik program sehat Realfood harus dikonsumsi rutin saat perut kosong, agar penyerapan zat-zat aktif dari program Realfood dapat maksimal. (1 jam sebelum sarapan atau 3 jam setelah makan malam).

Program sehat Realfood yang berdurasi minimal 12 hari Realfood ini dapat menjadi awal dari perjalanan hidup sehat di tengah pandemi corona yang terjadi di Indonesia.

Sumber