Masjid Allianz Arena di Markas Bayern Munchen Bisa Tampung 1.200 Jemaah

Liputan6.com, Munich- Masjid di sekitar stadion klub Eropa bukan pemandangan asing, meski mayoritas penduduk di benua biru non muslim. Bayern Munchen salah satu klub di Eropa yang membangun fasilitas masjid di sekitar stadion mereka, Allianz Arena.

Masjid di dalam stadion Allianz Arena ini diresmikan pada 7 November 2017 lalu.Franck Ribery, Winger yang kini main di Fiorentina menjadi penggagas dibangunnya masjid di Allianz Arena.

Dia juga turut menyumbangkan dana untuk membangun masjid ini. Ribery ingin masjid bisa mengakomodasi fans dan pemain muslim saat ingin sholat, utamanya untuk sholat Jumat.

Sebuah sumber menyebutkan, dana pembangunan masjid tersebut 85 persen bersumber dari manajemen. Sedangkan 15 persen lagi datang dari sumbangan pemain dan suporter pemeluk agama Islam.

Masjid di komplek stadion ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan ibadah suporter muslim. Masjid tersebut juga dilengkapi perpustakan dan seorang imam tetap.

Masjid terletak di dekat stadion Allianz Arena yang merupakan markas Bayern Munchen. Masjid ini bisa menampung 1200 jemaah. Masjid ini juga dilengkapi perkantoran, gelanggang pemuda dan olahraga, ruang pertemuan, perpustakaan, dan tempat parkir dengan kapasitas 150 mobil.

  Banyak Dikunjungi Wisatawan

Stadion Allianz Arena, markas Bayern Munchen. (AFP/Christof Stache)
Stadion Allianz Arena, markas Bayern Munchen. (AFP/Christof Stache)

Saat masuk ke dalamnya, pengunjung langsung bisa menemukan tempat menaruh barang-barang pribadi di locker. Hebatnya, locker ini diatur secara elektronik dan menggunakan detector sehingga bisa diketahui apakah locker sudah terpakai atau tidak.

Di dalam masjid dengan luas 17 ribu meter persegi ini, atap atau langit-langit masjid terlihat cukup tinggi. Selain itu, lantai juga ditutup dengan karpet berwarna biru muda.

Ornamen di dinding mesjid juga sangat otentik dan khas. Masih banyak pengunjung yang berfoto-foto dalam masjid karena kagum dengan keindahan mesjid yang dikelola Turkish Islamic Union for Religious Affairs ini.

Allianz Arena bukan satu-satunya stadion megah di Eropa yang dilengkapi fasilitas masjid. Kazan Arena (Rubin Kazan), Ewood Park, (Blackburn Rovers), St James Park (Newcastle United) dan Anfield (Liverpool) merupakan nama-nama sadion yang dilengkapi masjid.

Sumber