Memperdalam Ilmu Agama Selama Ramadan Lewat Aplikasi

2 views

Liputan6.com, Jakarta – Teknologi berupa smartphone dan aplikasi dapat bermanfaat dalam mendukung ibadah selama bulan Ramadan, terutama di pendemi Covid-19.

Aplikasi buatan anak bangsa, Kesan, hadir untuk menemani dan menjadi referensi ibadah Ramadan dalam genggaman untuk segenap umat Islam. Menariknya lagi, aplikasi ini gratis dan tanpa iklan.

Hamdan Hamedan, CEO Kesan, mengatakan aplikasi besutannya tak hanya memiliki fitur Al-Quran, tetapi juga puluhan doa dan zikir.

“Selain ada fitur Al-Qur’an dan pengingat shalat wajib dan sunnah, Kesan juga menyiapkan 70 lebih doa dan zikir Ramadan, hadis dan fikih Ramadan, kajian online mingguan, serta kitab-kitab klasik seputar Ramadan,” kata Hamdan melalui keterangannya, Senin (27/4/2020).

“Ada juga artikel Islami harian yang ditulis oleh para ustadz guna menambah wawasan keagamaan para pengguna,” sambungnya.

Hamdan menjelaskan bahwa kesan berupaya hadir untuk menunjang ibadah umat Islam di bulan Ramadan di tengah wabah Covid-19 yang mungkin membatasi mobilitas mereka dalam beribadah dan menuntut ilmu agama.

“Tujuannya agar umat Islam terbantu kebutuhan ibadahnya sekaligus dapat terus menambah pengetahuan agama lewat smartphone mereka. 12 fitur penunjang ibadah dan ilmu yang ada di Kesan, insyaAllah bermanfaat bagi umat Islam,” pungkasnya.

 

Sudah Diunduh 50 Ribu Kali

Aplikasi Kesan
Aplikasi Kesan

Penyanyi lagu religi Veve Zulfikar pun mengapresiasi hadirnya aplikasi ini.

“Aplikasi Kesan, praktis banget. Aku bisa baca Al-Qur’an dan ratusan shalawat cukup dari satu aplikasi. Ada fitur Kitab Kuning dan klasik juga, jadi bisa baca-baca kitab selama Ramadan di rumah,” ujar Veve.

Aplikasi Kesan diklaim telah diunduh lebih dari 50 ribu kali oleh para pengguna, baik di dalam maupun luar negeri. Aplikasi dapat diunduh gratis di Google Play, Apple Store, atau di website resmi Kesan (www.kesan.id).

(Isk/Ysl)

Sumber