MotoGP: Hubungan Lorenzo dan Rossi Kini Telah Berubah

2 views

Jakarta – Hubungan Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi pernah diawarnai gejolak besar selama keduanya terlibat persaingan di MotoGP. Namun, Lorenzo mengklaim relasinya dengan The Doctor kini telah berubah. 

Lorenzo langsung dihadapkan pada tantangan besar ketika promosi ke MotoGP pada 2008. Dia gabung ke Yamaha dan harus berpartner dengan Valentino Rossi, yang saat itu sedang menikmati masa-masa puncak karier. 

Menurut Jorge Lorenzo, bekerja sama dengan Rossi cukup sulit dan menantang. Lorenzo mengatakan Rossi enggan kalah begitu saja karena berambisi mempertahankan posisinya sebagai pembalap nomor satu di Yamaha. Alhasil, hubungan mereka di dalam dan luar lintasan tak pernah benar-benar mulus. 

Titik nadir hubungan keduanya terjadi pada MotoGP 2015. Saat itu, keduanya terlibat dalam pacuan gelar juara dunia yang sengit dan berujung perselisihan. Rossi menuding Lorenzo mendapat banyak bantuan dari Marc Marquez dalam persaingan gelar. 

Titel MotoGP 2015 akhirnya menjadi milik Lorenzo. Namun, gelar tersebut berujung perang dingin antara Lorenz dan Rossi. Lorenzo akhinya memilih hengkang ke Ducati pada musim berikutnya. 

Kini, Lorenzo telah pensiun dari MotoGP setelah musim lalu tampil buruk bersama Honda dan didera cedera berkepanjangan. Tahun ini, dia membuat pengumuman mengejutkan dengan mengumumkan keputusannya menjadi pembalap penguji Yamaha. Alhasil, Lorenzo harus kembali berhubungan dengan Rossi yang notabene adalah rider tim prabrikan Yamaha. 

Saat ditanya hubungannya dengan Rossi, Lorenzo mengatakan segalanya kini telah berubah. “Kami tak lagi menjadi rival, serta kami mereprestasikan brand yang sama. Kami ingin yang terbaik untuk Yamaha,” kata Lorenzo, seperti dilansir Tuttomoriweb, Minggu (12/4/2020). 

“Kami harus punya ketertarikan yang sama, bukan seperti saat menjadi rival atau sama-sama membalap untuk Yamaha. Saat ini kami ingin jadi juara dan mengalahkan rival. Jadi, saat ini kami dalam situasi yang berbeda,” imbuh Jorge Lorenzo

 

Rumor Masa Depan

Pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo.  (AFP/Jose Jordan)
Pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo. (AFP/Jose Jordan)

Setelah gabung menjadi pembalap penguji Yamaha, Jorge Lorenzo kembali menjadi bahan spekulasi. Beberapa pihak mulai menerka apakah pembalap Spanyol itu punya rencana balik ke lintasan. 

Ada pula rumor tentang kemungkinan Lorenzo membalap untuk tim satelit Petronas Yamaha SRT. Namun, Lorenzo menepis spekulasi ingin kembali membalap di ajang MotoGP. 

“Saya baik-baik saja seperti ini. Saya meneken kontrak dengan Yamaha untuk satu tahun. Kita lihat saja apakah ini akan berlanjut ataau tidak,” ujar Lorenzo.  

 

Belum Signifikan

Jorge Lorenzo belum berkontribusi signifikan dalam menjalankan perannya sebagai pembalap penguji Yamaha. Penyebabnya, MotoGP 2020 belum bisa digelar karena dunia sedang menghadapi pandemi virus corona. 

Jadwal baru balapan MotoGP 2020 belum bisa dipastikan karena pihak otoritas masih harus memantu perkembangan wabah COVID-19 tersebut. 

Sumber: Tuttomoriweb

Sumber