Nenek 93 Tahun di Turki Sembuh dari Virus Corona COVID-19

1 views

Liputan6.com, Istanbul – Seorang nenek berusia 93 tahun berhasil menang melawan Virus Corona (COVID-19) setelah 10 hari dirawat dokter. Kesembuhan nenek bernama Alye Gündüz ini membangkitan semangat melawan virus tersebut di Turki.

Dilansir Daily Sabah, Minggu (12/4/2020), sang nenek dirawat di Cerrahpaşa Medical Faculty Hospital di Istanbul akibat menderita demam tinggi dan sakit di perut. Ia bahkan sempat masuk ke ruang ICU.

Para dokter pun merayakan kesembuhan ini karena Virus Corona sebetulnya berbahaya bagi lansia.

“Ini menjanjikan karena pasien-pasien seumurannya dan dengan penyakit kronis seringnya tidak bisa sembuh karena risiko mereka tinggi akibat COVID-19,” ujar kepala dokter Zekayi Kutlubay.

“Bahwa ada wanita 93 tahun yang berjalan keluar dari perawatan intensif dengan aman dan selamat adalah menginspirasi bagi kami, juga bagi pasien-pasien Virus Corona lain yang seusia dengannya,” lanjut Kutlubay.

Alye Gündüz berjalan keluar rumah sakit ditemani oleh cucu lelakinya serta didampingi tenaga medis. Petani dari kota Batman ini pertama dibawa ke rumah sakit pada 31 Maret.

Pada Jumat kemarin, ia boleh dipulangkan. Alye Gündüz turut memberi semangat kepada pasien lainnya.

“Saya berharap semua orang pulih dengan cepat,” ujarnya.

Kasus Virus Corona di Turki sudah menembus 50 ribu pada Sabtu kemarin. Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca berkata penambahan pasien ini karena makin banyaknya tes yang dilakukan Turki. Jumlah pasien di ICU saat ini 1.626 pasien.

“Kami lebih cepat melakukan diagnosis, serta penangangan dilakukan secara dini. Turki telah menunjukan cukup kesuksesan dalam perawatan,” ujar Koca via Twitter.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

340 Ribu Tes

ilustrasi virus corona/copyright by diy13 (Shutterstock)
ilustrasi virus corona/copyright by diy13 (Shutterstock)

Hingga Sabtu kemarin, Turki melakukan 340 ribu tes dan total kasus positif ada 32 ribu orang. Pasien meninggal di Turki mencapai 1.101 pasien.

Turki termasuk cepat dalam melakukan deteksi. Pada hari Kamis 9 April, ada 276 ribu orang yang dites. Selanjutnya pada Jumat sudah menyentuh 300 ribu orang, dan kini 340 ribu.

Tingkat kematian di Turki juga rendah, yakni 2,1 persen. Angka persentase rata-rata dunia dalam kematian Virus Corona adalah sekitar 6 persen.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Sumber