Pemain Akademi MU Dapat Nasihat dari Juan Mata

3 views

Manchester – Manchester United (MU) di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer mulai memberi kesempatan pada pemain muda. Mason Greenwood dan Scott McTominay mendapat kesempatan beraksi di tim utama.

Kepercayaan Solskjaer memberikan menit bermain pada pemain muda mendapat dukungan dari Juan Mata. Gelandang MU ini juga menyampaikan motivasi agar para pemain akademi tersebut tetap bersabar dan berproses dengan bagus.

“Apa yang akan saya katakan kepada para pemain muda adalah, tidak perlu terburu,” kata Mata dilansir Manchester Evening News, Rabu (15/4/2020).

“Mereka harus percaya pada proses dan perkembangannya,” imbuhnya.

“Mereka akan menghadapi tantangan seperti yang saya katakan sebelumnya, mereka akan menghadapi saat-saat berada di tim,” lanjutnya.

“Nikmati permainan di lapangan dan selalu senang sepanjang waktu. Pikirkan hanya bermain bola, ekspresikan diri dan temukan cara terbaik untuk meningkatkan kualitas, setelah itu percayalah, kesempatan bersinar di tim utama akan datang,” ujar pemain nomor punggung 8 di MU itu.

Pemain Akademi Real Madrid yang Bersinar di Klub Lain

Greenwood tercatat sebagai pemain muda terbaik Manchester United dalam akurasi tembakan. Ia berhasil mencatatkan rata-rata 2,2 tembakan mengarah ke gawang per 90 menit di Premier League. (AFP/Lindsey Parnaby)
Greenwood tercatat sebagai pemain muda terbaik Manchester United dalam akurasi tembakan. Ia berhasil mencatatkan rata-rata 2,2 tembakan mengarah ke gawang per 90 menit di Premier League. (AFP/Lindsey Parnaby)

Di sisi lain, Juan Mata merupakan alumni La Fabrica, akademi milik Real Madrid. Mata mulai menimba ilmu di La Fabrica pada 2003, dan menembus tim Castilla pada 2006. Namun, ia tidak mendapatkan kesempatan untuk unjuk gigi di tim utama El Real.

Pada 2007, Mata pindah ke Valencia dan menjelma menjadi satu di antara playmaker terbaik di Spanyol. Juan Mata lalu pindah ke Inggris bersama Chelsea pada musim panas 2011.

Musim debut Mata pertama di Chelsea diganjar trofi Liga Champions. Ia pun mendapat penghargaan pemain terbaik Chelsea musim 2011-2012.

Setelah dua setengah musim membela The Blues, Mata dijual ke Manchester United pada Januari 2014.

Jadi, dia tahu bagaimana rasanya meniti karier dari level akadem hingga seperti sekarang ini.

Sumber: Manchester Evening News

Disadur dari Bola.com (Penulis Hanif Sri Yulianto / Editor Aning Jati, Published 15/4/2020)

Sumber