Recommended, Begini Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Dengan Kemiri

122 views

Kemiri. Ya, siapa yang tidak kenal dengan rempah asli Indonesia yang menyimpan segudang khasiat bagi kesehatan ini? Selain dikenal ampuh menambahkan cita rasa creamy pada sejumlah masakan di tanah air, kemiri juga sudah dipercaya sejak dulu sebagai bahan tradisional yang dapat membuat rambut menjadi hitam legam.

Keberadaan zat baik seperti karbohidrat, mineral, protein, dan lemak yang tersemat pada kemiri ini menjanjikan manfaat yang baik bagi tubuh. Sementara itu, senyawa saponin, polifenoll, dan falovonoid didalamnya semakin menguatkan fakta bahwa cara menghitamkan rambut secara alami dengan kemiri bukan jalan pintas abal-abal yang Anda pilih.

Disamping harganya yang lebih miring, menghitamkan rambut dengan kemiri juga aman dan tidak menimbulkan ketergantungan. Langsung saja, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda aplikasikan.

  1. Kemiri yang Bagus

Untuk menuai hasil yang optimal, pastikan Anda membeli buah kemiri dengan kualitas yang bagus. Sebab, kemiri yang Anda beli dalam keadaan segar secara otomatis menyuguhkan kandungan vitamin yang masih utuh dan sangat berguna bagi kesehatan rambut Anda. Agar tidak keliru, Anda bisa mencari informasi mengenai ciri-ciri kemiri yang berkualitas.

  1. Haluskan Kemiri

Cara menghitamkan rambut secara alami dengan kemiri yang selanjutnya ialah menumbuk kemiri hingga halus. Agar proses penghalusan ini lebih mudah, Anda dapat memasukkan air secukupnya. Setelah benar-benar halus, kemiri kemudian disangrai (digoreng tanpa minyak). Aduk terus menerus untuk menghindari gosong pada bagian tertentu saja.

Tunggu sampai kemiri mengeluarkan minyak yang banyak, lalu masukkan minyak dalam wadah atau botol kecil.

  1. Oleskan Minyak Kemiri Pada Rambut

Tehnik aplikasi yang paling aman digunakan ialah dengan memijat kulit kepala. Cara menghitamkan rambut secara alami dengan kemiri ini harus Anda lakukan sampai minyak benar-benar terserap oleh kulit kepala. Diamkan kurang lebih 15 menit agar kandungan di dalamnya dapat bekerja secara maksimal.

  1. Bilas Dengan Air

Sama seperti penggunaan scrub rambut pada umumnya, masker dengan bahan tradisional ini juga harus dibilas selepas diaplikasikan. Hanya saja saat Anda memutuskan untuk menggunakan minyak kemiri Anda pun harus menanggung resiko pembilasannya yang memang sedikit ekstra.

Saat mencuci rambut, Anda harus memastikan bahwa bekas minyak yang menempel pada rambut harus hilang sempurna.

Jika cara menghitamkan rambut secara alami dengan kemiri ini gagal Anda praktikkan, maka masalah seputar kotoran yang menempel pada kulit mati akan menghantui Anda.

Tips di atas juga harus diimbangi dengan ketelatenan dan kesabaran, hal ini karena hasil akan Anda tuai tidak secepat menggunakan cat rambut.