Resep Rice Cooker Cake, Cocok Disajikan Selama Bulan Puasa

1 views

Liputan6.com, Jakarta – Saat memasuki bulan Ramadan nanti, berbuka puasa tak hanya harus dengan gorengan dan es. Ada banyak makanan dan kue yang manis yang cocok untuk menu buka puasa.  Tak harus membeli, Anda bisa membuat sendiri kue-kue manis di rumah, bahkan tanpa harus memakai oven.

Sesuai namanya, kue ini bisa dibuat menggunakan rice cooker dan cara membuatnya pun mudah dengan bahan-bahan yang murah dan terjangkau.

Anak kos pun bahkan akan bisa membuatnya. Sambil menunggu saat buka puasa, simak resep praktis Rice Cooker Cake dari Masak.tv berikut ini.

Bahan-bahan

Bahan karamel apel:

2 buah apel dan masing-masing dipotong menjadi 8 irisan

150 gram gula pasir

2 sdm

mentega

Bahan untuk kue:

3 sdm Mentega

2 butir telur

70 gram tepung terigu

50 gram gula 

1sdt baking powder

Garam secukupnya.

Cara Pembuatan

1. Kupas apel dan potong menjadi delapan

2. Panaskan wajan anti lengket dan masukkan 2 sendok makan mentega, lalu tambahkan irisan apel. Masak selama lima menit, setelah itu tambahkan 150 gram gula pasir, aduk hingga mengkaramel.

3. Lumasi mangkuk rice cooker dengan sedikit minyak lalu tuangkan semua apel ke dalamnya. Susun apel hingga menutupi seluruh bagian bawah mangkuk rice cooker.

4. Campur 70 gram tepung dengan 50 gram gula pasir, 1 sendok teh baking powder, dan sedikit garam, serta 2 sendok makan mentega leleh dan dua butir telur. Aduk sampai merata lalu tuangkan ke dalam mangkuk rice cooker hingga menutupi apel. Nyalakan rice cooker dan masak.

5. Setelah kue matang, diamkan selama 20 menit. Angkat dan kue siap disajikan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sumber