Spesial Hari Kartini, Ini 4 Rekomendasi Film Perempuan Inspiratif yang Bisa Ditonton Gratis di Vidio

Liputan6.com, Jakarta – Kelahiran Raden Ajeng Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April selalu diperingati sebagai hari yang spesial oleh masyarakat Indonesia. Berbagai cara dilakukan untuk mengapresiasi  perjuangan Kartini yang telah menyetarakan hak perempuan agar setara dengan laki-laki.

Salah satu cara untuk mengenang jasa Kartini, adalah dengan menonton film-film perempuan inspiratif. Berikut adalah 4 rekomendasi film yang perempuan inspiratif yang bisa ditonton di Vidio.

1. Perempuan Berkalung Sorban

Kisah perlawanan Anisa (Revalina S. Temat) dalam memperjuangkan kesetaraan hak perempuan mirip dengan Kartini. Sosok Anisa diceritakan memiliki karakter yang cerdas, tangguh, dan pemberani. Ia terlahir dari keluarga muslim yang berpendirian kuat. Ayahnya adalah seorang kyai di sebuah pesantren. Selama belajar di pesantren itu, Anisa menyadari bahwa perempuan tidak memiliki kesetaraan dengan laki-laki. Hidup hanya sebatas untuk patuh dan menuruti perintah laki-laki. Lantas, ia pun memberontak dengan mendaftar ke sebuah universitas di Yogyakarta untuk melanjutkan kuliah. Namun, harapannya pupus karena sang ayah tidak menyetujui rencana tersebut dan ia dijodohkan dengan Samsudin (Reza Rahadian). Lalu, mampukah Anisa memperjuangkan kesetaraan hak kaum perempuan muslin? Tonton kelanjutan kisah Perempuan Berkalung Sorban di Vidio.

2. Sokola Rimba

Film yang satu ini juga sangat menginspirasi kaum perempuan. Sokola Rimba diangkat dari kisah nyata kehidupan seorang Butet Manurung (Prisia Nasution), ketika menjadi pengajar Suku Anak Dalam di pedalaman hutan Jambi. Bermula saat ia terserang malaria di hutan, ada seorang anak rimba bernama Nyungsang Bungo yang datang menyelamatkannya. Dari pertemuan tersebut, Butet berkeinginan untuk mengajar di tempat Bungo tinggal. Namun, hal itu mendapat pertentangan dari tempatnya bekerja dan masyarakat di desa Bungo. Mampukah Butet memperjuangkan izin mengajar di tempat Bungo? Saksikan kelanjutan kisah Butet dan Bungo di film Sokola Rimba di Vidio.

3. Athirah

Kisah perjuangan dan ketekunan dari ibunda mantan wakil presiden Indonesia, Jusuf Kalla ini juga patut dijadikan pelajaran hidup. Film ini menceritakan kerja keras seorang perempuan bernama Athirah (Cut Mini) yang harus berjualan sarung untuk menghidupi kelima anaknya, termasuk Ucu (panggilan Jusuf Kalla saat remaja). Hal itu terjadi setelah ia memutuskan untuk bercerai dengan suaminya, Puang Ajji (Arman Dewarti) karena melirik wanita lain. Berkat kerja kerasnya, usaha sarung miliknya sukses. Saksikan kisah inspiratif Athirah hanya di Vidio.

4. 3 Srikandi

3 Srikandi merupakan film yang mengisahkan perjuangan tiga atlet panahan putri Indonesia di Olimpiade Seoul 1988. Ketiga atlet tersebut adalah Nurfitriyana (Bunga Citra Lestari), Lilies Handayani (Chelsea Islan), dan Kusuma Wardhani (Tara Basro). Bersama sang pelatih, Donald Pandiangan (Reza Rahadian), mereka berlatih keras agar dapat diberangkatkan ke Seoul. Dan akhirnya mereka berhasil meraih medali perak dalam ajang tersebut. 

Masih ada 5 film perempuan inspiratif lainnya yang bisa ditonton secara gratis selama bulan April, di antaranya Pendekar Tongkat Emas, Sang Penari, Eliana Eliana, Berbagi Suami, dan Bad Genius. Klik tautan ini untuk menonton.

Untuk mendapatkan akses menonton gratis di Vidio, cukup aktifkan kode voucher VIDIOBEBASNONTON di aplikasi maupun website Vidio. Voucher tersebut akan berlaku selama 14 hari dari masa aktivasi. Kode voucher berlaku sampai tanggal 30 April 2020. Tetapi, kamu hanya bisa menontonnya melalui aplikasi maupun smart TV. Namun, voucher tidak termasuk dalam kategori bebas kuota. Jadi, pastikan kamu memiliki data kuota internet!

Sumber