TNI AD Bantu PMI Penuhi Stok Darah di Tengah Pandemi Corona

1 views

Liputan6.com, Jakarta – Pandemi virus corona Covid-19 berimbas ke berbagai sektor kehidupan. Tak terkecuali persediaan darah yang kian menipis di Palang Merah Indonesia (PMI).

TNI AD turut ambil bagian membantu PMI memenuhi kebutuhan darah di tengah pandemi corona. KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa memerintahkan jajarannya untuk menggelar aksi donor darah pada Senin 13 April 2020.

Kadisbintalad, Brigjen TNI Asep Syaripudin mengatakan, tujuan kegiatan donor darah tersebut untuk memenuhi persediaan darah PMI yang kian menipis. Banyak pasien Covid-19 yang membutuhkan transfusi darah, sehingga PMI kewalahan untuk memenuhi stok darah.

“Kami melaksanakan perintah Bapak KSAD yang sungguh begitu care, peduli, dan perhatian terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara yakni perlunya pemenuhan stok darah yang ada di PMI,” ujar Brigjen TNI Asep Syaripudin dalam keterangannya, Kamis (16/4/2020).

Donor darah diikuti oleh seluruh anggota Disbintalad yang dapat menyumbangkan darahnya sebanyak 450 ml kepada PMI.

“Para anggota sangat antusias mendonorkan darahnya. Semoga donor darah ini bisa berguna untuk orang banyak dan kehidupan selanjutnya,” ucap Asep.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Donor Darah Aman

Sementara, Asisten Transfusi Darah PMI Ninit Dewi Rahayu mengimbau agar masyarakat mau untuk mendonorkan darahnya di tengah wabah Covid-19.

“Dalam keadaan pandemi seperti ini, pendonor menjadi berkurang. Kami mengimbau agar masyarakat tidak perlu takut jika ingin mendonorkan darahnya, karena dalam proses donor darah, kami melakukan social distancing dan mengikuti peraturan lain, sehingga donor darah tetap berjalan aman,” ujar Ninit Dewi Rahayu.

Selain itu Ninit juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Disbintalad yang telah bersedia mendonorkan darahnya untuk membantu PMI.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Sumber