Tumbuh Setinggi Gedung 3 Lantai, Kaktus Ini Viral di Media Sosial

1 views

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak jenis kaktus yang hidup di bumi. Kaktus merupakan salah satu tumbuhan yang bisa bertahan hidup tanpa adanya air dalam waktu yang lama. Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun). Namun nyatanya, hanya seperempat dari keseluruhan spesies kaktus yang hidup di daerah gurun. Sisanya hidup pada daerah semi-gurun, padang rumput kering, hutan meranggas atau padang rumput. Ada pula yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis.

Rata-rata kaktus bisa tumbuh sekitar 60 sentimeter hingga satu meter, ada pula kaktus yang berukuran kecil yang baisanya dijadikan tanaman hais di dalam ruangan. Namun beberapa waktu lalu, beredar foto di Twitter yang memperlihatkan kaktus tumbuh tinggi setara dengan gedung 3 lantai.

Foto kaktus itu dibagikan oleh pengguna Twitter @0okome0 pada Rabu (24/6/2020) lalu. Sejak diunggah hingga kini cuitan tersebut sudah meraih 17,1 ribu kali retweets dan 54,3 disukai oleh netizen. Selain curi perhatian, kaktus itu pun menarik banyak komentar netizen yang mempertanyakan apakah kaktus tersebut adalah kaktus tertinggi di dunia yang prenah hidup.

Tumbuh Setinggi Bangunan 3 Lantai

Netizen dibuat terkejut dengan kaktus yang tumbuh terlalu tinggi. (Sumber: Twitter/@0okome0)
Netizen dibuat terkejut dengan kaktus yang tumbuh terlalu tinggi. (Sumber: Twitter/@0okome0)

Dilansir dari Twitter @0okome0 oleh Liputan6.com, Selasa (30/6/2020) pemilik kaun mengunggah beberapa foto kaktus yang tumbuh tinggi setara dengan tinggi gedung berlantai 3. Tampak kaktus tersebut memiliki batang yang besar serta diikat oleh besi agar tetap berdiri tegak menempel pada gedung.

Dari postingan itu diketahui jika kaktus tersebut berlokasi di Takinogawa, Area Metropolitan Tokyo. Sang pemilik akun awalnya mengira itu hanya tiang penyangga biasa, namun saat didekati ia tercengangg lantaran itu adalah kaktus tebal yang tumbuh tinggi.

Itu terlihat aneh karena tampak seperti tiang…Aku sudah melihatnya 10 kali,” tulis sang pemilik akun Twitter.

Dirawat dengan Baik

Netizen dibuat terkejut dengan kaktus yang tumbuh terlalu tinggi. (Sumber: Twitter/@0okome0)
Netizen dibuat terkejut dengan kaktus yang tumbuh terlalu tinggi. (Sumber: Twitter/@0okome0)

Dilansir dari Oddity Central, sang pemilik gedung merawatnya dengan baik. Kaktus tersebut diikat ke sisi bangunan dengan menggunakan cincin logam, sehingga tetap tumbuh tegak. Duri-duri yang ada pada kaktus pun dengan rajin dipotong agar tak membahayakan orang. Namun sayangnya, sang pemilik gedung tak tahu berapa usia dan jenis kaktus yang tumbuh tinggi sekitar 10 meter itu.

Meski tumbuh tinggi secara tak lazim, kaktus tertinggi di dunia masih dipegang oleh Giant Cardon Meksiko yang tingginya mencapai 19,2 meter pada 1995 silam. Namun banyak netizen yang berkomentar jika kaktus Takinogawa ini masih terus berkembang dan terus tumbuh.

Sumber